Dapat Hibah 5 Hektar, Muhammadiyah Maluku Mendirikan SMK Migas

Penyerahan lahan hibah secara simbolis kepada PWM Maluku

SangPecerah-Semangat dakwah Muhammadiyah di tanah raja-raja maluku semakin menggeliat. Pemerintah dan masyarakat setempatpun semakin percaya dengan komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban berkemajuan.

Senin 6 Maret 2017, bertempat di Kota Ambon, PW Muhammadiyah Maluku mendapatkan hibah tanah sebesar 5 Hektar dari pemerintah.  Rencananya tanah ini  akan dimanfaatkan untuk pembangunan SMK Migas Kota Bula,  Seram Bagian Timur.

Kepada redaksi SangPencerah.id, Abdullah Ely, Wakil Ketua PWM Maluku megungkapkan bila Muhammadiyah Maluku bertekat membangun sumber daya manusia Maluku lewat sekolah sekolah kejuruan minyak dan gas bumi.

Pendirian sekolah ini juga dalam rangka membantu pemeritah dalam menyiapkan tenaga kerja lokal, khususnya untuk meyambut explorasi gas abadi Blok Masela, yang akan segera beroperasi. 

Beberapa kabupaten pun terkait erat dan cukup dekat dengan Blok Masela, yakni Maluku Tenggara Barat, Maluku Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Aru, dan kalau mau dilebarkan sedikit, maka termasuk Kabupaten dan Kota Tual.

Dibangunnya SMK Migas Muhammadiyah di Maluku ini juga untuk mengantisipasi datangya pegawai-pegawai dari luar. Muhammadiyah ingin menyiapkan tenaga-tenaga lokal didaerah tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan.

(Baca juga : Muhammadiyah Dirikan SMK Kelautan di Kawasan Maluku Utara) (Sejarah dan Perkembagan SMK Migas Muhammadiyah Cilacap)

Muhammadiyah Maluku ingin meniru keberhasilan Muhammadiyah Cilacap yang juga sukses dalam mengembangkan SMK Migas. (sp/red)