Curahkan Kasih Sayang, Muhammadiyah Periksa Kesehatan Pemulung

SangPencerah.id-Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis buat para pemulung di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Koordinator Lapangan MPM PP Muhammadiyah buat Komunitas Pemulung Makaryo Adi Ngayogyokarto (Mardiko) TPST Piyungan, Sanupal, menjelaskan sejumlah badan digandeng untuk pelaksanaan acara tersebut. Diantaranya LazisMu, PKU Kota Yogyakarta, dan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Sedangkan jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah kadar gula darah, tekanan darah, asam urat, dan kolesterol.

“Kondisi lingkungan di TPST Piyungan jauh dari layak. Setelah beraktivitas memulung sampah, warga tidak memperhatikan kebersihan. Akibatnya banyak warga yang mengeluh sakit kulit dan diare. Kami MPM PP Muhammadiyah berkomitmen melakukan pendampingan. Sebagai wujud kepedulian, kami menggelar acara ini,” ujarnya, Rabu (22/3/2017)

Selain pemeriksaan kesehatan, MPM PP Muhammadiyah juga mengadakan penyuluhan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, terutama para pemulung untuk lebih memperhatikan lingkungan.

“Diikuti 170 orang, terdiri dari pemulung dan pengepul yang sehari-hari bekerja di TPST Piyungan. Pada prinsipnya kami ingin meningkatkan perilaku hidup bersih kelompok dhu’afa-mustadh’afin, terutama untuk komunitas pemulung Mardiko,” lanjutnya.(sp/dt)