Baru Berdiri, RS PKU Wonosobo Raih Akreditasi Bintang Lima

RS PKU Muhammadiyah Wonosobo

SangPencerah.id- RS PKU Muhammadiyah Wonosobo mulai dibangun sejak tahun 2010. Rumah Sakit ini sebenarnya rintisan dari Balai Pengobatan Siti Fatimah yang sudah ada sejak tahun 1974 di kampung Sudagaran Wonosobo. Dalam Perkembangannya Balai Pengobatan tersebut harus pindah lokasi di Sudungdewo Kertek Wonosobo dengan nama RB Siti Fatimah sejak tahun 1982.


Selama operasionalnya, terjadi pasang surut dalam melakukan kegiatan pelayanan, baik dari sisi kunjungan pasien maupun pengelola dan tenaga medisnya. Evaluasi terus dilakukan selama perjalanan operasionalnya, hingga pada tahun 2010 dibentuklah panitia pengembangan klinik tersebut yang salah satunya menghasilkan keputusan untuk dikembangkan menjadi RS PKU Muhammadiyah Wonosobo.

Tim bentukan PDM Wonosobo kemudian meyiapkan segala sesuatunya untuk segera mewujudkan Rumah Sakit sesuai amanat PDM Wonosobo.Proses pembangunan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo kurang lebih memakan waktu selama 3 tahun.

Proses pembangunan fisik bukan tanpa kendala, akan tetapi mengalami dinamika karena adanya perubahan target, yang tadinya menjadi RS type D berubah menjadi RS type C yang otomatis merubah anggaran dan rencana kerja pembangunannya.

Sejalan dengan pembangunan fisik, maka disiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan RS, alat kesehatan penunjang pekerjaan dan pelayanan. Khusus untuk SDM, setelah menyelesaikan proses seleksi, sebagian besar dikirimkan ke RS PKU Muhammadiyah Gombong untuk melakukan OJT atau masa magang. Sekembalinya magang dari RS PKU Muhammadiyah Gombong, diharapkan semua sudah mempunyai bekal yang cukup untuk langsung bekerja melakukan pelayanan.

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo saat ini merupakan Rumah Sakit umum dengan pelayanan kesehatan mulai dari yang bersifat umum sampai dengan yang bersifat spesialistik, yang dilengkapi dengan pelayanan penunjang medis 24 jam. Saat ini rumah sakit ini dipimpin oleh Direktur : dr. Akhmad Muzairi, MARS. Sosok dokter yang gigih berjuang dalam membesarkan amal usaha kesehatan kebanggaan persyarikatan.

RS PKU Muhammadiyah Wonosobo diresmikan pada tanggal 18 November 2014, dengan status berada dibawah kepemilikan Persyarikatan Muhammadiyah. RS PKU Muhammadiyah Wonosobo merupakan Rumah Sakit tipe C yang melayani pasien umum dan BPJS.
Pelayanan yang bisa dilakukan saat ini meliputi IGD 24 jam, Poli Umum, Gigi Umum, Poli Spesialis Penyakit Dalam, Bedah Umum, Kesehatan Anak, Syaraf, Obsgyn, Mata, Gigi Orthodontia, Orthopedi, Anastesi, Radiologi, Patologi Klinik.

Baca (Ghirah Dakwah Muhammadiyah di Negeri Atas Awan) dan ( Membanggakan, Puluhan Rumah Sakit Muhammadiyah Raih Akreditasi Paripurna )


Selain itu didukung juga oleh penunjang medis meliputi Pelayanan Farmasi, Psikologi, Fisioterapi, Laborat, Radiologi, Gizi, Pelayanan Rawat Inap terdiri dari 124 bed meliputi kamar VIP, kelas 1,2,3, ICU, PICU, NICU. Kedepan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo akan terus mengembangkan diri berbasis Mutu dan Keselamatan Pasien.

Baca ( Layak Ditiru, Lima Pom Bensin Muhammadiyah Yang Membanggakan ) dan (Muhammadiyah Wonosobo Resmikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sedayu)


Pada bulan Februari 2017 RS PKU Muhammadiyah Wonosobo telah dilakukan survey akredtasi oleh KARS dan berhasil meraih Tingkat Akreditasi Paripurna. Ini merupakan pencapaian yang cukup membanggakan, menginat RS ini baru berusia 3 tahun lebih dan menjadi satu-satunya RS swasta di kabupaten Wonosobo yang meraih Akreditasi Bintang Lima atau Paripurna.(sp/red)

Kontributor : Tim RS PKU Muhammadiyah Wonosobo

Kirimkan profil Amal Usaha Muhammadiyah atau Aisyiyah, cerita menarik tentang perjuangan dakwah  ditempat anda, untuk  memberi ispirasi perjuangan bagi keluarga Muhammadiyah ditempat lainnya, sertakan gambar menarik dan kirimdi alamat email: websangpencerah@gmail.com