UM Surabaya Membangun Gedung Baru Berlantai 20

SangPencerah.id-Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) akan membangun gedung kampus baru di kawasan Merr Surabaya. Pendanaan pembangunan gedung berlantai 20 itu, pihak UMS menggendeng Bank Jatim.

Rektor UMS Dr Sukadiono mengungkapkan, sesuai rencana, pembangunan gedung sebagai amal usaha tersebut digunakan untuk gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, office tower, serta condotel.

“Nantinya akan ada 20 lantai, lima lantai untuk kampus, sementara enam lantai ke atas untuk office tower dan condotel,” ungkap Sukadiono ditemui usai pelantikan Wakil Rektor di kampus setempat, Selasa (14/7/2017).

Sukadiono menambahkan, pihaknya menggandeng Bank Jatim sebagai mitra. Hal itu utamanya yang berkaitan dengan pendanaan. “Kita sudah lama kerjasama dengan Bank Jatim. Jadi pada pertengahan tahun ini kita akan awali dengan pembebasan lahan. Kemudian pada akhir tahun harus sudah mulai pembangunannya,” tambah Sukadiono.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jatim Suroso mengatakan, kerjasama dengan UMS termasuk dalam program Bank Jatim dalam hal pengembangan pendidikan. Ia menjelaskan saat ini kredit Bank Jatim sebesar 20 persen atau sekitar Rp4 triliun terserap untuk dunia pendidikan.

“Jika perguruan tinggi ingin mendapat pinjaman dari Bank Jatim pembangunan gedung bisa diakses melalui kredit investasi. Kemudian dari mahasiswa dan perguruan tinggi semua akunnya ada di Bank Jatim,” ujar Suroso.

“Jadi pertumbuhan aset akan lebih cepat jika di sisi bisnis perbankan. Tapi di sisi lain kami ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain Universitas Muhammadiyah seluruh Jatim, kami juga telah bekerjasama dengan perguruan tinggi lain seperti Unair, Universitas Brawijaya, Untag dan Unesa,” tandas Suroso. (sp/bj)