Muhammadiyah dan FPI Bergerak Bersama, Bantu Korban Banjir

Foto : Pojok Jabar

SangPencerah.id– Disaat massa lain mengawal saksi ahli Habieb Rizieq Shihab dalam persidangan kasus penodaan agama di aula Kementrian Pertanian, anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) Kota Bogor tengah membantu korban banjir di RT 03/04 Kampung Kedunghalan Sentral, Kelurahan Sukaresmi, Kecamtan Tanah Sareal Kota Bogor.

Selain FPI, Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPBM) Kota Bogor, juga menerjunkan  relawan pemuda Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

“Kita dari FPI dan AQL binaan sejak kejadian sudah membantu dan membersihkan puing pasca banjir,” ucap Abdul Aziz salah satu relawan saat tengah membantu evakuasi reruntuhaan.

Menurutnya, tak ada instruksi dari pimpinan dalam menjalankan membantu bencana. Relawan yang ingin membantu tenaga ataupu materi tinggal mendatangi lokasi.

“Ya kita datang datang aja kesini membantu saudara yang kesulitan, tidak perlu persiapan ini itu atau harus diinstruksi dulu,”ungkapnya.

Selain itu, Ketua LPMB Abdul Rachmat Saleh mengatakan, keluarga besar Muhammadiyah akan memberikan bantuan khususnya bagi warga yang kehilangan istri dan anaknya.

“Terutama di dua lokasi di Kampung Kramat Paledang dan di sini (Kelurahan Sukaresmi, red),” ucapnya.

LPMB, kata dia, rutin memberikan bantuan di setiap bencana dan pendataan kebutuhan pasca bencana. Sehingga para korban mendapat penanganan yang tepat.

“Kegiatan sosial bukan agenda, kita jalan saja. Kita data kebutuhannya apa saja mulai dari buku, pakaian, hingga tenaga medis kita siap,” pungkasnya. (sp/pjb)