Inilah 9 Daerah Yang Memiliki Calon Tunggal di Pilkada Serentak 2017

Ilustrasi

SangPencerah.id–  Euforia  pemilihan kepala daerah serentak, 15 Februari mendatang  di provinsi, kabupaten maupun kota semakin terasa. Meski perhatian publik  hanya terpusat di Pilkada DKI Jakarta, sejatinya ada 101 daerah  yang juga menyelenggarakan pilkada.

Sekitar 9 daerah di Indonesia akan memilih calon tunggal dalam pilkada 2017 ini. Munculnya calon tunggal in,karena hingga batas akhir pendaftaran tak ada calon lain yang mendaftar. Ada juga calon yang dibatalkan, karena terdapat putusan kasasi MA. Penyelenggaraan pilkada di daerah yang memiliki calon tunggal relatif nyaris sama dengan daerah lainnya. Yang membedakan, kita tak melihat adanya suasana debat antar calon, surat suara yang tentu berbeda serta hasil pilkada.

Sembilan daerah yang hanya memiliki calon tunggal antara lain: Tebing Tinggi, Tulang Bawang Barat, Pati, Landak,  Buton, Maluku Tengah, Tambrauw, Kota Jayapura  dan Kota Sorong.

Meskipun hanya ada calon tunggal,calon-calon ini belum pasti memenangkan kompetisi. Direktur Perludem, Titi Anggraini memaparkan bahwa untukmemenangkan kompetisi,Calon tunggal harus meraih suara minimal 50 %+1. Pasangan ini melawan kotak kosong dalam blanko surat suara,paparnya kepada redaksi  SangPencerah.id.

Jika  misal masyarakat tak menyukai kandidat calon tunggal, atau misal ingin calon tunggal kalah, sebenarnya tak perlu golput,tapi bisa menggunakan hak suaranya dengan memilih kolom kosong  di sebelah calon tunggal. Jika menghendaki calon tunggal itu terpilih,maka harus memilihnya.

Kabupaten Pati adalah satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang hanya memiliki calon tunggal. Bersama 7 daerah lain di Jawa Tengah, Kabupaten Pati akan memilih pemimpinnya 5 tahun kedepan. Kepada redaksi SangPencerah.id,  Haryanto, MM, incumbent calon Bupati Pati optimis akan memenangkan kompetisi ini. Dirinya mengaku sudah melakukan dan memberikan banyak perubahan positif bagi masyarakat Pati.

Meskipun hanya memiliki calon tunggal,masyarakat juga banyak yang menyambut dengan positif. Dra.Lintal Muna, Ketua PDA Kabupaten Pati  juga turut menyambut pesta demokrasi 5 tahunan ini. Kepala SMP Muhammadiyah Pati ini berharap,semoga Pati ke depan lebih maju,sejahtera dan berkemajuan. (sp/ja)