Bertarung di Basis Non Muslim, Calon Demokrat-PAN Tumbangkan Nasdem-PDI P

Pasangan Firmanmu

SangPencerah.id- Hasil perhitungan Pilkada Kota Kupang menempatkan pasangan Jefri Riwu Kore-Herman Man (FirManmu) unggul sementara atas rivalnya Jonas Salean-Niko Frans (Sahabat). Pasangan Firmanmu meraih suara 52,86 % sedangkan Sahabat meraih suara 47.14 %.

Pasangan Jefri Riwu Kore-Hermanus Man (Firmanmu) nomor urut 1 diusung Partai Demokrat, PAN, Gerindra dan PPP. Jefri Riwu Kore merupakan kader Partai Demokrat dan anggota Komisi X DPR RI. Sedangkan Dokter Herman Man merupakan Ketua MPD DPD PAN Kota Kupang yang sebelumnya menjabat wakil walikota.

Sementara, pasangan calon nomor urut 2, Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus (Sahabat)  diusung partai gajah seperti Partai Golkar, PDIP, Hanura, NasDem dan PKB. Jonas Salean sendiri merupakan incumbent walikota dan kader militan PDI Perjuangan.

Daerah Kupang sendiri merupakan daerah dengan kharakteristik pemilih mayoritas kristiani, koalisi yang terbentuk saat pilkada hampir serupa dengan koalisi saat Pilpres 2014.

Dengan hasil seperti ini, Jonas katakan, rakyat Kota Kupang tidak bisa disalahkan. Sebab, rakyat mungkin ingin pemimpin yang baru. Tinggal saja rakyat menagih janji-janji politik yang telah disampaikan. “Tidak apa-apa. Itu hak seluruh warga kota yang harus dihormati,” kata Jonas sembari menginformasikan bahwa dia masih menjabat Wali Kota Kupang sampai 1 Agustus 2017.

Jonas menambahkan, seluruh tim sukses, baik dari keluarga maupun partai politik, juga tidak bisa disalahkan dengan hasil yang ada. Sebab semuanya telah berusaha maksimal. Namun penentuannya ada di tangan Tuhan. Dan, Tuhan memang menentukan Paket Firmanmu untuk memimpin Kota Kupang lima tahun ke depan. (sp/red)