Muhammadiyah Kota Minyak Bertemu, Bersatu Membangun Minimarket

Salah satu minimarket milik Muhammadiyah Kabupaten Kediri (Foto: Ust.Fanani PDM Kab.Kediri)

SangPencerah.id- Organisasi masyarakat Islam, Muhammadiyah Kota Balikpapan sedang mengumpulkan modal untuk membangun sebuah mini market dalam upaya menggerakan ekonomi daerah.

Melalui Khairil Anwar, Pimpinan Pengurus Pemuda Muhammadiyah Balikpapan, mengatakan, pengadaan mini market yang dilakukan Muhammadiyah dalam rangka perjuangan dakwah di bidang ekonomi.

“Di daerah Jawa sudah ada yang berjalan sukses. Di Balikpapan belum ada. Kami akan buka,” ujarnya kepada  usai meresmikan acara Arqam Muhammadiyah di Gunung Guntur Balikpapan Sabtu (21/1/2017) pagi.

Mini market Muhammadiyah ini nantinya akan diberi nama mini market Surya. Pihaknya mengklaim akan siap bersaing dengan minimarket yang bertaraf nasional.

Ditambahkan, Khairil, pendirian mini market Surya akan ditargetkan pertengahan tahun ini.

Ini upaya Muhammadiyah berjuang dalam ekonomi, turut membuka akses lapangan pekerjaan dan menumbuhkan kesejahteraan umat.

“Selama ini peran kami hanya dikenal di jalan pendidikan dan dakwah. Sekarang ini kami sudah mulai perjuangan ke arah ekonomi juga,” kata pria kelahiran Balikpapan 24 Agustus 1983 ini.

Untuk lokasi pun sejauh ini belum bisa dipastikan akan ditempatkan di mana. Sekarang masih fokus kumpulkan modal.

Sampai saat ini, modal yang terkumpul baru Rp 38 juta dari se banyak 14 orang. Dana modal ini dianggap masih kurang. Idealnya butuh modal Rp 400 juta.

“Kami sekarang juga sedang mencari sistem penghitungannya. Kami pakai sistem bagi hasil. Pemodalnya berasal dari keluarga Muhammadiyah,” tutur Khairil. (sp/tkl)