Muhammadiyah : Apa Alasan Ingin Membubarkan FPI dan Memenjarakan Habib Rizieq?

Ilustrasi (Foto: DPP FPI)

SangPencerah.id –┬áKetua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mempertanyakan desakan supaya ormas FPI dibubarkan dan menuntut Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab untuk dipenjarakan belum jelas.

“Saya tidak tahu desakan penjarakan Habib Rizieq dan bubarkan FPI itu alasannya apa,” kata Dahnil, Rabu (18/1/2017).

Ia mengatakan tidak dalam posisi untuk mendukung organisasi kemasyarakatan Front Pembela Islam atau tidak, tapi memang berbicara sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

“Saya justru kembali bertanya, apa alasan FPI dibubarkan? Jadi saya tidak dalam posisi apakah setuju atau tidak apakah FPI dibubarkan, pertanyaannya adalah apa alasan FPI dibubarkan. Jadi saya tidak posisi setuju atau tidak setuju,” ujarnya.

Untuk diketahui, belakangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dilaporkan oleh beberapa pihak terkait dengan tuduhan melakukan penistaan agama, penghinaan lambang negara dan sebagainya.

Ternyata, hal itu memberikan dampak imbas kepada desakan supaya ormas Front Pembela Islam dibubarkan terlebih ketika terjadi peristiwa bentrok atau kerusuhan antara FPI dengan ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) usai Habib Rizieq diperiksa di Polda Jawa Barat.

Di samping itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga menegaskan siap menghadapi organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bertentangan dengan Pancasila.

“Seluruh peserta rapat pimpinan TNI bertekad mendukung pemerintah yang sah yang dipilih secara konstitusi dalam demokrasi dan menjaga situasi yang kondusif, TNI berkomitmen untuk mendukung program pemerintah,” kata Gatot.

Di samping itu, Gatot mengatakan TNI komitmen untuk menghadapi ormas yang bertentangan dengan Pancasila. Menurut dia, beberapa kementerian telah memberikan petunjuk dan arahan mengenai hal itu dalam rapim TNI. (sp/in)