Kapolda Jabar Saat Ini Pernah Sebut Muhammadiyah Pro Teroris

Anton saat menjabat Kadiv Humas Mabes Polri

SangPencerah.id– Dalam dokumentasi pemberitaan media termasuk sang pencerah, sosok Anton Charliyan merupakan figur yang tak asing lagi. Khususnya saat Muhammadiyah mengadvokasi kasus kematian terduga teroris Alm. Siyono. Sosok Anton Charliyan begitu dikenal oleh Netizen Muhammadiyah. Anton Charliyan saat itu masih menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri. Berikut ini pernyataannya yang ditulis media kompas:

” JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian menyayangkan ada pihak yang mencoba melindungi terduga teroris Siyono. Menurut Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Anton Charliyan, pihak tersebut sengaja memprovokasi agar Polri dianggap sengaja menghilangkan nyawa Siyono.

“Ada golongan tertentu yang pro teroris. Dia (Siyono) teroris, pegang senjata, dan ada yang membela. Silakan Anda saja yang menilai,” ujar Anton di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/4/2016).”

Pernyataan Anton Charliyan saat itu tentu saja mengundang reaksi keras dari berbagai pihak, khususnya Muhammadiyah dan Fraksi PAN DPR RI. (Baca berita lengkapnya : Pemuda Muhammadiyah Kecam Kadiv Humas Polri, Soal Pro Teroris Bela Siyono) (Baca juga : Muhammadiyah Disebut Teroris, Kapolri Didesak Pecat Kadiv Humas)

Beberapa saat kemudian, Anton Charliyan dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Selatan. (Baca: Akhirnya Kadiv Humas Polri Dimutasi ). Akan tetapi Kapolri saat itu mengatakan bahwa mutasi merupakan hal yang wajar untuk penyegaran.(sp/ja)