PDM Palembang Bertekad Tambah 7 Cabang, 1 Klinik dan Gedung Dakwah 3 Lantai

RS Muhammadiyah Palembang (ilustrasi)

SangPencerah.id– Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palembang ditargetkan bisa menambah 7 pengurus cabang. Saat ini, kepengurusan cabang Muhammadiyah yang sudah terbentuk sebanyak 8 pengurus cabang.

“Kami ditarget Juli 2017 bertambah tujuh atau total jadi 15 cabang,” ujar Ketua PDM Kota Palembang, Dr Nawawi Nurdin, saat peringatan milad Muhammadiyah ke-107 di kompleks Muhammadiyah Balayudha.

Sebanyak 8 kepengurusan cabang yang sudah terbentuk dan melaksanakan muscab, yakni Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gandus, Seberang Ulu (SU) 1, Ilir Timur (IT) 2, Bukit Kecil, Kertapati, Ilir Timur 1, Ilir Barat 1, dan Seberang Ulu 2.

Disebutnya, ada dua daerah yang belum bisa dibentuk kepengurusan cabang yakni Kecamatan IB 2 dan Sematang Borang. Ini dikarenakan kondisi pengurus ranting belum siap. Saat ini ada 55 ranting. Ditargetkan ke depan bertambah 7 ranting, jadi total 62 ranting dengan 15 cabang.

Untuk di lingkungan PDM Kota Palembang, terdapat sekolah setingkat SD/MI sebanyak 19 sekolah, Untuk SMP/MTs ada 13 sekolah, dan SMA/SMK/MA ada 13 sekolah. Total ada 45 sekolah di luar TK Aisyiyah.

Menurutnya, kemajuan bisa dilakukan dengan semangat kolektif kolegial pengurus. Program yang dilakukan PDM, kata dia, membangun gedung dakwah 3 lantai. Desember nanti siap 2 lantai. Juga ada PR yakni penyelesaian klinik di Lemabang.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumsel Prof Romli SA MAg menyampaikan sesuai surat edaran PP Muhammadiyah seluruh PDM mesti selesai Musda sampai akhir Desember. Semua PDM baru yang sudah musda sudah di SK kan. “Periodesasi ini penting dan harus dipatuhi supaya organisasi tidak terganggu,” katanya.

Ditambahkan Romli, organisasi Muhammadiyah tetap eksis karena konsep dasar pengelolaan dengan ikhlas kepada Allah yang menjadi landasan. Iklas ini menjadi icon dan prinsip dasar. “Ini penting bagi pengurus Muhammadiyah serta organisasi kebajikan atau mengajak org berbuat baik,” katanya.

Selain itu ada juga pengukuhan pengurus PDM kota palembang periode 2015-2020 oleh ketua PWM sumsel. Serta bazaar, penampilan nasyid, dari hizbul wathan, dan tapak suci. Kegiatan juga diisi dengan tausiah dari Wakil Ketua PP Muhammadiyah Drs H Dahlan Rais MHum. (sp/ja)