Diatas Lahan 14 Hektar, Segera Berdiri Universitas Muhammadiyah Kaltim

SangPencerah.id- Setelah Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang telah lebih dulu berdiri, kini saatnya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur segera berdiri di bumi Borneo.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat amanah  untuk membantu  mewujudkan impian ini. UMS telah melakukan beberapa usaha, sejak dari membeli tanah seluas 14 Ha  di kawasan Pesona Mahakam, Samarinda Sebrang.  Wakil Rektor Dua Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sarjito menyatakan seiring dengan pengurusan ijin bersama STIKES Muhammadiyah Samarinda dan STIE Muhammadiyah Samarinda,  UMS telah melakukan perencanaan pembangunan yang melibatkan beberapa ahli UMS sendiri bekerjasama dengan rekanan dari Bandung.

Pada Kamis, 5 Januari 2017, di Samarinda Tengah dilakukan persiapan tempat untuk pencanangan pembangunan Universitas Muhammadiyah Kalimantan timur (UMKT). “UMKT dilakukan dengan merger Stikes Muhammadiyah Samarinda yang sekarang punya prodi S1 Keperawatan, D3 Keperawatan,  D3 Kesehatan Lingkungan dan D3 Kesehatan Masyarakat, sementara STIE Muhammadiyah punya satu ptodi S1 Management,” paparnya.

Dengan perubahan status sekolah tinggi menjadi Universitas diisyaratkan memiliki 10 prodi,  maka UMS selain menyiapkan lahan juga menyiapkan infrastruktur dan SDM. Pencanangan rencana pembangunan dilokasi tanah seluas 14 Ha ini dilakukan Jumat, 6 Januari 2017 yang dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah,Ketua Umum MPR dan segenap keluarga Muhammadiyah lainnya. Sebelumnya,jajaran PP Muhammadiyah, UMS, PWM Kaltim dan petinggi STIE dan STIKES Muhammadiyah Samarinda melakukan silaturahmi kepada Gubernur Kalimantan Timur.

Abdul Azis, Pengurus PWM KalimantanTimur kepada redaksi SangPencerah.id mengungkapkan bila tahapan awal untuk membangun gedung kampus ini mencapai 32 M.Rencananya akan dibangun 8 lantai. (sp/red)