70 Peserta Antusias Ikuti “PASHMINA” Nasyiatul Aisyiyah Kartasura

Sangpencerah.id – Pasca Muktamar NA XIII di Yogyakarta yang menghasilkan keputusan terpilihnya ayunda Diyah Puspitarini sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah periode 2016-2020, NA mempunyai terobosan berkemajuan melalui program berbasis kesehatan dan konseling remaja. PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah) merupakan salah satu solusi yang dapat menghambat diantaranya kasus kekerasan seksual pada perempuan dan anak.

Sebagai aktualisasi yang berkelanjutan, Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) Kartasura pada Ahad, 22 Januari 2017 telah mengadakan “Pelatihan Motivator PASHMINA” yang bertempat di Gedung Dakwah PCM Kartasura.

Ketua PCNA Kartasura, dr.Muthmainnah Saleh, bersyukur karena pelatihan tersebut dihadiri oleh 70 peserta dari berbagai Ranting, Cabang dan Daerah yang nantinya akan bertugas sebagai pelaksana PASHMINA.

“Saya bersyukur karena pesertanya melebihi kuota dari 50 target yang direncanakan. Sebenarnya pesertanya hanya ditujukan untuk Ranting dan Cabang, namun acara ini juga dihadiri oleh PDNA Solo, PDNA Boyolali, PDNA Klaten, PDNA Sragen yang turut antusias menjadi peserta”, ungkap Muthmainnah.

Menurut pembicara dari Tim Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA) dan Lisda Farhani (PWNA),  diharapkan PASHMINA dapat menjadi gerakan ampuh bagi Nasyiah untuk mencetak remaja yang berkemajuan dan mampu menyelesaikan problematika yang dihadapi oleh remaja dengan layanan edukasi kesehatan dan konsultasi psikologis.

“Banyak sekali temuan yang menyatakan bahwa para remaja telah terjerumus pada hal yang memprihatinkan. Oleh karena itu, kita harus menjadi penggerak kemajuan pikir dan zikir untuk remaja”, kata Lisda.

Untuk itu, dalam pelaksanaan program PASHMINA yang dicanangkan menjadi program nasional NA, ada 6 pos dalam rangkaian kegiatan, antara lain edukasi,  konseling reproduksi, konseling psikologi, cek darah, penghitungan IMT, dan pembagian makanan bergizi yang semuanya diberikan secara gratis.

Dalam kegiatan yang diilhami oleh posyandu remaja tersebut para peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang kedewasaan dan kesehatan. Mereka juga dibekali ilmu untuk memotivasi anak usia tingkat Sekolah Dasar.

“Materi PPNA bagus. Saya lebih mengetahui terkait program PASHMINA. Untuk materi yang disampaikan Ibu Lisda banyak ilmu baru tentang strategi dalam memberikan pengetahuan masalah balig kepada anak usia SD”, ungkap Frida sebagai salah satu peserta acara tersebut.(sp/red)