Tak Ingin Dikuasai Asing, ‘Aisyiyah Jombang Kembangkan Bisnis Fried Chicken

Pelatihan Pembuatan Fried Chicken Ibu-ibu Aisyiyah Jombang yang di bina Lazismu Jatim
SangPencerah.id– Geliat ibu-ibu Aisyiyah di Kab. Jombang sangat tinggi untuk memajukan kehidupan sosial ekonomi keluarga dan kaum wanita muslim di daerah itu. Banyak ibu-ibu muslimah di Jombang yang seakan tak berdaya menghadapi berbagai tuntutan kehidupan yang semakin berat dan sebagian hanya berdiam diri di rumah tanpa nilai tambah yang positif. Ibu-Ibu Aisyiyah ini juga merasakan betul bagaimana gempuran produk-produk asing, khususnya dibidang kuliner.
Menyadari hal itu, PD Aisyiyah Jombang Ahad 18 Desember 2016 bertempat di gedung Muhammadiyah Jombang menyelenggarakan Pelatihan tentang Manajemen Koperasi Syariah dan Kuliner Sehari dengan tema “Pengolahan Pangan Sebagai Peningkatan Kesejahteraan Keluarga“. Materi yang diberikan tentang aplikasi bisnis resto dan praktik fried chicken, ayam panggang madu dan telor krispi. Tak tanggung-tanggung ustadz Zainul Muslimin, selaku Ketua Lazismu Jatim yang memberikan pelatihan itu seorang diri.
Kegiatan yang diikuti sekitar 50 orang ibu-ibu Koperasi Aisyiyah Jombang itu diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat suatu masakan yang mana hasil kreasi masakan itu dapat diperdagangkan dan memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi peningkatan kehidupan keluarga serta umat.
                     
Ustadz Zainul yang juga pemilik dari My Fast Chicken and Honey Grilled Chicken Resto itu dengan senang hati memberikan resep rahasia perusahaannya kepada ibu-ibu Aisyiyah dengan harapan para ibu muslimah itu dapat membuka usaha ayam goreng dan ayam panggang madu di sekitar tempat tinggalnya dengan modal yang relatif kecil namun dengan keuntungan yang besar.

Beliau juga menawarkan jika ingin membuka resto menginduk dengan usahanya dijamin tanpa franchise dan royalti macam-macam, yang penting punya niat, kemauan, bersungguh-sungguh, kerja keras dan istiqomah. Masalah modal bisa patungan antar rekan dan para ibu di kampung.
Program ini sangat bagus sekali dan nyata, karena bersifat aplikatif dan learning by doing. Ke depan Lazismu PWM Jatim akan Road Show ke beberapa daerah untuk memberdayakan ibu-ibu yg akan menjadi ibu tangguh, berdaya dan mandiri. (sp/ja)