Muhammadiyah Wilayah Timur Kerahkan Kekuatan Penuh Bantu Banjir Bima

Sangpencerah.id – Seperti yang dilansir dari BNPB, Siklon tropis Yvette yang saat ini posisinya di Samudera Hindia Selatan Bali, sekitar 620 km sebelah selatan Denpasar dengan arah dan kecepatan gerak Utara Timur Laut telah menyebabkan hujan deras di wilayah Indonesia bagian selatan. Adanya siklon tropis tersebut telah memicu hujan ekstrem di beberapa wilayah di NTB diantaranya Bima dan Sumbawa.
Menyikapi banjir Bandang yang melanda Kota Bima, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima, Muhammadiyah Disaster Management Center dan Lazismu telah berkordinasi dengan kekuatan relawan bencana Muhammadiyah di wilayah Timur dan telah menyusun beberapa rencana tanggap darurat untuk sepekan kedepan.

Beberapa langkah taktis yang sudah dilakukan MDMC-Lazismu antara lain :

1. Mengerahkan tenaga relawan Muhammadiyah di wilayah Dompu untuk melengkapi kekuatan yang saat ini tengah di pusatkan di kota Bima.

2. Membuka posko kemanusian di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bima.

3. Bekerjasama dengan jaringan Aisyiah untuk membuka dapur-dapur umum di wilayah  terdampak.

4. Melakukan kordinasi dengan Muhammadiyah Jawa Timur  untuk  rencana penerjunan tim medis ke lokasi-lokasi terisolir.

5. Melakukan penggalangan bantuan melalui Lazismu terutama diprioritaskan yang berupa makanan, selimut, pakaian dan obat-obatan.

MDMC Menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama warga Muhammadiyah untuk tetap waspada, selalu mengikuti perkembangan informasi dan menghindari lokasi-lokasi yang rawan bencana. Mengingat selama beberapa hari kedepan kondisi cuaca di sepanjang Nusa Tenggara hujan masih di perkirakan cukup deras. [HF] [RP]

*Untuk informasi dan rencana bantuan dapat menghubungi posko MDMC PKU Muhamadiyah Bima di nomor 085237228414 (Imran Laukosy)