Muhammadiyah Sumsel Terus Penuhi Fasilitas Kesehatan di Wilayah Pinggiran

Fakultas Kedokteran UM Palembang melayani pasien di wilayah pinggiran

SangPencerah.id– Memberikan pelayanan kesehatan sampai ke daerah pinggiran dan pelosok menjadi komitmen dari persyarikatan Muhammadiyah yang ada di wilayah Sumsel. Salah satu upayanya yakni dengan mendirikan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

“UMP menjadi bagian dari amal usaha Muhammadiyah juga selalu ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Rektor UMP, Dr Abid Djazuli SE MM didampingi jajaran pimpinan UMP saat kegiatan bakti sosial memperingati Milad Muhammadiyah ke-107 H/104 Masehi, di Gandus, kemarin (11/12).

Kegiatan yang dilaksanakan seperti, khitanan massal gratis, pemeriksaan kesehatan dan pelayanan kesehatan gratis, dan juga pembagian sembako melalui ranting Muhammadiyah. Wakil Direktur 3 Bidang SDM Rumah Sakit Muhammadiyah, Mustafa SAg MPdi mengatakan, mengembangkan amal usaha dalam bidang kesehatan menjadi tujuan dari Muhammadiyah.

Untuk bidang kesehatan di bawah binaan manajemen Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang, kata dia, ada beberapa lokasi.    Yang sudah operasional seperti klinik kesehatan di BK3, daerah Rawa Bening, OKUT. Juga rumah sakit Engga Saras di Lempuing OKI. Di sana juga rencana pada 18 Desember 2016 juga akan ada kegiatan bakti sosial. Yang siap operasional seperti Balai Pengobatan Suka Pinang, Banyuasin. “Diharapkan Januari di Suka Pinang sudah operasional,” ucapnya. Saat ini bangunan dan SDM sudah siap, tinggal peralatan medis. Juga di Rawa Bening sudah berjalan. Sedangkan klinik yang akan dibangun seperti di Muara Padang, Banyuasin. Untuk di Muara Padang sudah mulai dibangun pondasi.

Lainnya, di Palembang, pembangunan RS Pratama di Lemabang  yang secara fisik sekitar 60 persen. Juga klinik kesehatan yang ada di Plaju juga disiapkan untuk menjadi rumah sakit tipe D.

Asisten 4 Pemkot Palembang, Ir H Agus Kelana MT mengapresiasi apa yang sudah dilakukan UMP. “Kita apresiasi Muhammadiyah yang sudah banyak mengambil peran, khususnya UMP. Karena telah banyak mendirikan sekolah, maupun rumah sakit yang sudah dibangun,” ucapnya. (sp/se)