Muhammadiyah Dirikan SMK Maritim di Kawasan Terluar Maluku Utara

Mendikbud Meresmikan Pendirian SMK Maritim Muhammadiyah

SangPencerah.id- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan sekolah luar biasa (SLB) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Maluku Utara. Muhadjir pun berharap agar sumber daya manusia di wilayah itu tidak tertinggal dari daerah lain.

“Concern kami sekarang pada pembangunan yang dimulai dari daerah pinggiran yaitu terluar, tertinggal dan terpencil. Presiden Jokowi sangat ingin daerah-daerah ini maju duluan, jangan kalah (dengan) daerah tengah,” kata Muhadjir dalam siaran persnya, Sabtu (17/12/2016).

“Presiden memang gencar membangun infrastruktur fisik di mana-mana, tetapi perhatian beliau pada pendidikan dan sumber daya manusia juga luar biasa. Salah satunya dengan perhatian pada akses pendidikan, pendidikan kejuruan dan pendidikan karakter menjadi prioritas saat ini,” lanjut Muhadjir menambahkan.

Sekolah yang diresmikan yaitu SLB Daruba Pulau Morotai dan SMK Maritim Muhammadiyah Halmahera Timur. Peresmian itu dilakukan dalam rangka kunjungan Muhadjir selama 2 hari ke Maluku Utara.

Muhadjir mengatakan bahwa Ternate memiliki sejarah panjang kesultanan yang pernah jaya. Dia mengimbau agar sejarah tersebut jangan sampai dilupakan generasi muda.

“Kekuatan sebuah negara salah satunya ditandai dengan kuatnya masyarakat pinggiran pada kecintaan pada tanah air. Untuk itu masyarakatnya harus kuat, negara harus hadir, salah satunya dengan memperkuat bidang pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia,” kata Muhadjir.

Muhadjir lalu mengatakan agar potensi generasi muda agar dikembangkan. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba yang telah memberikan beasiswa kepada generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar daerah.

“Semangatnya harus berlipat-lipat untuk mengejar ketertinggalan. P├ástikan potensi anak-anak kita untuk jadi insan yang cerdas termanifestasi dengan baik. Perhatian kita pada anak berkebutuhan khusus melalui SLB serta menyiapkan tenaga terampil bidang kemaritiman di SMK sangat sesuai dengan kebutuhan Maluku Utara ini,” ujar Muhadjir.(sp/dt)