Milad ke-31, RS PKU Muhammadiyah Cepu Terbaik di Blora Hingga di Jateng

Sambutan Bapak Marpuji Ali dan Pengangkatan Pegawai RS PKU Muhammadiyah Cepu (Foto : RS PKU Muh Cepu)

SangPencerah.id- Melewati tiga dasa warsa perjalanan waktu, RS PKU Muhammadiyah Cepu merayakan tasyakuran atas perkembangannya. Bertempat di gedung Pusdiklat Migas Cepu, Kamis (22/12) RS PKU Muhammadiyah Capu mengadakan tasyakuran yang ke-31. Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah Marpuji Ali, PDM Kabupaten Blora, Forkopincam Kabupaten Blora, PCM Cepu serta warga Persyarikatan se-Kabupaten Blora.

Perjalanan RS PKU Muhammadiyah Cepu
RS PKU Muhammadiyah Cepu awal berdirinya sebagai RB/BP PKU Muhammadiyah Cepu yang berlokasi di Jl. Aryo jipang No. 130 A Balun Cepu pada tanggal 12 November 1985, menempati rumah Bapak Muchsin. Operasionalnya dimotori oleh dr. Suluri Burhan, Sp.A, Ibu Ning Sugiarti, dan segenap warga persyarikatan.

Seiring perkembangannya, dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, pada tanggal 16 maret 1991 RB/BP PKU Muhammadiyah Cepu pindah ke Komplek Perguruan Muhammadiyah Cepu Jl. Ronggolawe No. 137 Cepu, saat itu masih sebagai RB/BP PKU Muhammadiyah Cepu. Tahun 2001, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu berubah statusnya menjadi RS PKU Muhammadiyah Cepu dengan izin sementara.

Tahun 2003, RS PKU Muhammadiyah Cepu, belum dapat memenuhi persyaratan sebagai rumah sakit, maka statusnya masih sebagai RS Sementara (RS Percobaan) yang diberi waktu selama 2 tahun untuk melengkapi kekurangan persyaratan. Tahun 2010 – 2011, lulus akreditasi tingkat dasar dan dapat ijin operasional dari tahun 2011 s/d 2016.

Awal tahun 2011, berubah status menjadi ijin operasional “RS PKU Muhammadiyah Cepu” dengan masa perijinan selama 5 tahun. Alhamdulillah dengan Ridlo Allah yang Maha Kuasa Pada tahun 2014 mengalami perkembangan yang pesat dengan berdirinya gedung baru (Obgyn Center) yang diresmikan oleh Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. DR. H. Dien Syamsudin, MA.

Gedung RS PKU Muhammadiyah Cepu saat ini (Foto: dok.humas)
Gedung RS PKU Muhammadiyah Cepu saat ini (Foto: dok.humas)

Pada tahun 2014 dan 2015, dua tahun berurut-turut menjadi juara I atau yang terbaik di diantara rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kabupaten Blora. Pada Tahun 2016, dibawah kepemimpinan dr. Suluri Burhan, Sp.A, RS PKU Muhammadiyah Cepu memiliki prestasi yang menggembirakan dengan telah dinyatakan Lulus Akreditasi Perdana JCI versi 2012 oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) pada tanggal 28 Januari 2015 dan dilakukan visitasi untuk perijinan rumah sakit pada tanggal 2 Februari 2016. Untuk naik kelas jadi tipe C dengan syarat yang harus dipenuhi. Berdasarkan pidato yang disampaikan PERSI Jawa Tengah (dr. Arif Rahman Sadad, Sp.F,M.Si.Med,SH, DHM) RS PKU Muhammadiyah Cepu adalah Rumah Sakit Tipe D terbaik di Jawa Tengah, dan terus segera ditingkatkan menjadi Rumah Sakit tipe C.

Bertekad Untuk Jadi Yang Terbaik
Dengan Motto “Kami Melayani Dengan Sepenuh Hati“ , RS PKU Muhammadiyah Cepu bertekad untuk jadi yang terbaik, khususnya dikawasan Blora dan sekitarnya. Pada acara Tasyakuran Milad ke-31 yang dihibur oleh tari saman dan club bahasa arab Ponpes At Tajdid, juga dilaksanakan pengangkatan pegawai kontrak untuk menjadi pegawai tetap. Upaya ini merupakan langkah nyata RS PKU Muhammadiyah Cepu dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Hadirin di acara Milad ke-31 RS PKU Muhammadiyah Cepu
Hadirin di acara Milad ke-31 RS PKU Muhammadiyah Cepu

Pada milad ke-31 ini, RS PKU Muhammadiyah Cepu juga memiliki prestasi yang mengagumkan. dr. Muhammad Mamun Syukri, MPH., direktur RS PKU Muhammadiyah Cepu dalam sambutannya menyampaikan laporan perkembangan selama 9 bulan kepemimpinannya. “Alhamdulillah, RS PKU Muhammadiyah Cepu terus mengalami peningkatan-peningkatan. diantaranya : kenaikan utilitas rumah sakit, bor yang meningkat, manajemen keungan yang semakin membaik, serta kesejahteraan pegawai. Untuk menunjang fasilitas layanan kesehatan, di RS PKU Muhammadiyah Cepu juga akan segera diluncurkan unit Hemodialisa”, paparnya. (sp/aj)