Kakak Angkat Yang Memeluk Ahok Ini, Finalis Miss Universe 1980

SangPencerah.id- Dalam menjalani sidang perdana di Pengadilan Jakarta Utara Selasa (13/12) yang lalu,  beredar foto seorang perempuan berhijab yang sedang memeluk  Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok di peluk kakak angkatnya (foto: Istimewa)
Ahok di peluk kakak angkatnya (foto: Istimewa)

Foto tersebut banyak diperbincangkan netizen dan menjadi viral di social media.  Sosok perempuan tersebut merupakan kakak angkat  dari Basuki Tjahaja Purnama yang bernama Nana Riwayati atau lengkapnya Andi Nana Riwayati Basoamier.  Nana adalah putri dari pasangan Andi Baso Amier dan Hajjah Misribu keluarga Bugis-Makassar yg merupakan orang tua angkat dari Ahok.

Behind The Scene foto Ahok dan kakak angkatnya (foto : Istimewa)
Behind The Scene foto Ahok dan kakak angkatnya (foto : Istimewa)

Ditengah ramainya perbincangan foto itu, ada hal lain yang belum diketahui publik.  Tak banyak yang tahu bila sosok Nana Riwayati merupakan wakil Indonesia diajang kontes kecantikan terbesar di dunia, Miss Universe.  Walaupun begitu, dikalangan pecinta kontes kecantikan (beauty contest) sosok Nana Riwayati ramai diperbincangkan.

Kompetisi Pakaian Nasional (Sumber : Fb Nana Riwayatie)
Kompetisi Pakaian Nasional (Sumber : Fb Nana Riwayatie)

Nana Riwayati pernah  mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 1980 yang saat itu dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan. Saat itu pemilihan wakil Indonesia belum dilakukan secara terbuka seperti yang dilakukan Yayasan Puteri Indonesia setiap tahun, namun melalui audisi yg dilaksanakan secara tertutup.

Pada ajang Miss Universe 1980, Kakak Angkat Ahok  yang kini berjilbab ini belum berhasil masuk dalam jajaran semifinalis. Tetapi berhasil masuk dalam jajaran Top 56 swimsuit completion. Nana Riwayati mengenakan Baju Adat Badok, pakaian khas Sulawesi Selatan pada sesi kompetisi National Costume.

Setelah berkompetisi di Miss Universe Nana Riwayatie juga pernah menjadi pemain film.Berdasarkan data dari laman filmindonesia.or.id, Nana tercatat membintangi dua buah judul film. Kedua film tersebut bertajuk Tiga Dara Mencari Cinta (1980) dan Tomboy (1981).

Film Tiga Dara Mencari Cinta. (via Wikipedia)
Film Tiga Dara Mencari Cinta. (via Wikipedia)

Film Tiga Dara Mencari Cinta sendiri merupakan film yang mencoba mengolah kembali Tiga Dara, karya Usmar Ismail yang telah sukses. Mengusung genre komedi, film ini dibintangi oleh Roy Marten, Jojon, Ingrid Fernandez, Nana Riwayatie, Winny Aditya Dewi.

Masih bergenre komedi, film Tomboy sendiri disutradarai oleh Djun Saptohadi. Selain Nana Riwayatie, film ini juga dibintangi oleh Zainal Abidin, Pratiwanggono, Adi Bing Slamet, Alona Alegre, Happy Pretty.

(sp/aj)