Hingga 2020, Muhammadiyah Akan Dirikan Minimarket di 34 Provinsi di Indonesia

Surya Hasanah, Ponorogo

SangPencerah.id-Persaingan bisnis minimarket nampaknya akan  semakin ketat. Muhammadiyah sebagai organisasi Islam berkemajuan akan terus memperkuat posisi ekonomi Islam.

Layak diketahui, Surya Mart maupun minimarket lain yang dikelola persyarikatan adalah ladang bisnis organisasi Muhammadiyah. Mayoritas menggunakan nama Surya Mart, tapi ada juga yang menggunakan nama lain seperti Toko Mu, Jasmine, MBC, Kampus Mart, dan sebagainya.

Merespon perkembangan minimarket ini, Pengurus PP Muhammadiyah periode 2015-2020 telah menyiapkan rencana bisnis. “Surya Mart akan berdiri di 34 provinsi untuk lima tahun mendatang,” kata Syafruddin Anhar, Pengurus Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pasca Muktamar Muhammadiyah ke-47.

Untuk memantapkan bisnis, Surya Mart membentuk badan hukum yakni perseroan terbatas (PT). Selanjutnya, peritel itu membuka peluang bagi anggota Muhammadiyah untuk mendirikan Surya Mart. Namun  skema bisnis ditawarkan bukanlah  waralaba.  Anggota Muhammadiyah berpeluang mengembangkan minimarket dengan biaya investasi Rp 500 juta per gerai. Luas rata-rata minimarket 500 meter persegi (m²).  Selain minimarket, Muhammadiyah melalui pimpinan wilayah yang terkoneksi dengan pimpinan pusat, juga berencana mengembangkan swalayan Surya Mart. Biaya investasi swalayan sekitar Rp 5 miliar per gerai. Luas rata-rata swalayan adalah 1.000 m². Surya Mart membidik lokasi gerai di luar Jakarta, Jawa dan luar Jawa. “Target kami kelas menengah dan bawah, rumah tangga atau anak-anak kos,” kata Syafruddin.

(Baca: Muhammadiyah di Bumi Reog Memiliki 15 Minimarket dan 13 Panti Asuhan )

Saat ini, menurut data MEK PP Muhammadiyahh 2010-2015, Muhammadiyah telah memiliki 128 gerai Surya Mart. Perinciannya, 125 minimarket di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sisanya adalah tiga swalayan di Surabaya, Bandar Lampung, dan Padang.  Selain data yang dihimpun MEK PP Muhammadiyah, berdasarkan liputan redaksi  Sang Pencerah, minimarket yang dikelola Muhammadiyah terus terus bertambah,  diantaranya MBC di Metro Lampung, Kampus Mart di Sorong, Pusat Bisnis Muhammadiyah Sukajadi, Surya Mart di Gianyar-Bali, Surya Mart di Bogor, Surya Mart di UM Palembang, dan sebagainya. (sp/aj)