Sebelum Jokowi Datang, Aktivis Pemuda Muhammadiyah dan IMM Sempat Ditahan

Pemuda Muhammadiyah diamankan

Sangpencerah.id – Presiden Jokowi hari ini (8/11) mengunjungi Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya No 62. Senin kemarin, Jokowi sudah mengunjungi Kantor PBNU. Banyak pengamat yang memprediksi kehadiran Jokowi ke markas dua ormas Islam besar ini terkait kasus penistaan Al Quran oleh Ahok.

Ada hal unik saat Beliau mengunjungi Kantor PP Muhammadiyah. Sejak jam 6 pagi ini lokasi disterilkan oleh pihak polisi. Kemudian berduyun-duyun pasukan polisi dan TNI mulai memasuki area gedung PP Muhammadiyah. Mobil Baracuda pun ikut “mengepung” di pinggir gedung.

Sejumlah aktivis Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang akan melakukan aksi damai menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo ke kantor PP Muhammadiyah. Ada 3 orang yang sempat diamankan di mobil polisi, Mashuri, Sholihin dan Siswanto. Mereka juga dibawa keluar dari lingkungan Muhammadiyah hingga ke jalan Menteng Raya 58.

“Kami hanya mau aksi damai. Tak boleh aksi damai, ok kami turuti. Tapi jangan usir kami. Ini rumah kami” kata pengurus PP Pemuda Muhammadiyah, Mashuri Mashuda, kepada pers.

Mashuri menjelaskan mereka sebenarnya tidak melakukan aksi penolakan. Rencananya, mereka menjalankan aksi diam dengan poster yang memuat beragam tulisan.

“Tulisannya juga tak ada menolak Presiden. Kami hormati tamu dan kami hormati sikap Ayahanda kami di PP Muhammadiyah yang menerima kedatangan Presiden,” tegasnya. (sp/rdk)