51 Ribu Lebih Warga Jatim, Siap Hadiri Milad Akbar Muhammadiyah di Madura

Logo resmi Milad Muhammadiyah ke 104 M/ 107 H PWM Jawa Timur

SangPencerah.id– Persiapan hajatan akbar Milad Muhammadiyah ke 104 M/107 H yang di gelar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur semakin matang.  Acara milad akbar 27 November ini terasa getarannya bukan hanya karena jumlah massa yang akan turut memeriahkan, tapi istimewanya juga Pulau Madura yang akan menjadi host penyelenggaraan milad organisasi islam berkemajuan ini. Dipilihnya Pulau Garam ini menjadi tempat penyelenggaraan milad akbar dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat berdakwah bagi  warga Muhammadiyah Madura, mengenang kembali aktivisi-aktivis Muhammadiyah dari Madura, sekaligus untuk  menunjukkan bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang besar dan moderat disegala tempat.

Data jumlah jamaah yang akan memeriahkan Milad Akbar hingga 23 November (Sumber PWM Jatim)
Data jumlah jamaah yang akan memeriahkan Milad Akbar hingga 23 November (Sumber PWM Jatim)

Sekretaris PWM Jawa Timur, Tamhid Mashudi mengungkapkan “Hingga tanggal 23 November 2016, data  jumlah jamaah Muhammadiyah Jawa Timur yang telah masuk ke panitia mencapai lebih dari 51.195 ribu warga”, data ini belum termasuk  beberapa daerah yang belum menginformasikan seperti : Kota Mojokerto, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Bangkalan selaku tuan Rumah. Puluhan ribu warga Muhammadiyah ini akan menggunakan moda transportasi : 605 bus besar, 41 bus kecil, 367 elf, 692 mobil pribadi, dan aneka moda transportasi lain yang belum terdata.  Jumlah ini pun akan terus bertambah mendekati hari H pelaksanaan milad.

Ibu Sumiati, pengurus PWA Jawa Timur yang telah beberapa kali meninjau pelaksaan milad mengungkapkan bila saat Hari H nanti dipastikan Jembatan Suramadu, akses utama terasa penuh dengan kendaraan seperti lebaran. Oleh karena itu panitia menyarankan agar jamaah Muhammadiyah yang datang dari berbagai daerah, untuk datang lebih awal. “Kalau bisa saat subuh jamaah-jamaah sudah memasuki Bangkalan dan saat acara sudah siap berkumpul di Gelora Bangkalan”, ujarnya. “Jamaah yang datang bisa menikmati berbagai tempat wisata yang ada di Madura, tapi bila  tidak memungkinkan bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di Kota Surabaya”, pungkasnya berpromosi.

Milad Akbar Muhammadiyah ini sendiri juga akan dihadiri langsung Ketua Umum PP Muhammadiyah, Gubernur Jawa Timur, Ketua PWM Jawa Timur dan seluruh warga Muhammadiyah Jawa Timur. Pada milad akbar ini, 11 aktifis Muhammadiyah yang bergerak dibidang pendidikan, kesehatan, sosial dan berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur akan menerima penghargaan dari PWM. Selain memberi apresiasi, tentu untuk memotivasi kader-kader lain untuk lebih berprestasi.

Berbagai acara hiburan menarik pun akan disajikan di Gelora Bangkalan, diantaranya : Display Marchingband, Kolaborasi 5 band yang akan tampil bersama, konfigurasi 1300 penari karapan sapi, 4 grup reog dengan 8 dadak merak lengkap dengan perangkat musiknya, dan sederet tampilan budaya Jawa Timuran yang lainnya. Smamda Choir, paduan suara SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berkali-kali meraih prestasi mendunia juga akan turut hadir membawakan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya. Spirit kebangsaan berbingkai dengan nuansa budaya Jawa Timur  akan disuguhkan dalam milad akbar kali ini. Penasaran, mari kita datang dan turut menggembirakan.  (sp/jy)