Kompetisi Karya Tulis Bergengsi, SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Raih Juara Nasional

SangPencerah.id-  Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh pelajar Muhammadiyah. Kali ini prestasi ini datang dari pelajar Muhammadiyah di Pulau Dewata, tepatnya siswi SMA Muhammadiyah 1 Denpasar.

Pada kompetisi karya ilmiah cukup prestisius yang diselenggarakan Fakultas Farmasi UGM, Intan Sahara Nursugihartatiek dan Fitriana Salehah, berhasil menyisihkan ratusan peserta dari seluruh penjuru Indonesia.  Kegiatan yang digelar  farmasi UGM mempertemukan peneliti-peneliti muda dengan karya sains aplikatif yang luar biasa.

Intan Sahara dan Fitriana, pelajar SMA Muhammadiyah Denpasar ini menciptakan karya berupa Pemanfaatan Buah Lindur (Brugiera gymnoryza) dengan penambahan Saccaromycess Cerevisiae menjadi olahan tape. Buah Lindur sendiri merupakan buah khas Bali yang belum banyak dimanfaatkan. Dengan temuan ini, produktivitas dan pemaanfaat buah lindur diyakini akan semakin meningkat.

Sebelum penjurian babak akhir, ratusan pelajar dari berbagai sekolah ini disaring menjadi 6 besar. Dan akhirnya siswi dari sekolah Muhammadiyah di Pulau Dewata ini berhasil meraih juara kedua. Intan Sahara sendiri merupakan pelajar yang sangat berprestasi, sebelumnya sisswi ini juga berhasil meraih juara tingkat nasional pada even Muhammmadiyah Education Award yang diselenggarakan di UMM. (sp/jw)