Sejarah Baru, Perguruan Tinggi Pertama di Kabupaten Batang Didirikan Muhammadiyah

Ketua PDM Batang Tengah Memberikan Sambutan Saat Visitasi

SangPencerah.id- Saat ini dunia pendidikan tinggi di Kabupaten Batang Mulai bergeliat, dengan adanya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Batang menjadi kampus pertama di kabupaten tersebut. Sebab, STKIP Muhamamdiyah Batang sukses menggelar visitasi yang mendatangkan Tim Visitasi dari Kemenristekdikti, Kamis (1/9/2016).

Kampus yang berdiri pertama kali di Batang tersebut sudah melakukan presentasi, yang kemudian dilanjutkan pada Kamis (1/9/2016) dengan visitasi untuk mendapatkan izin operasional dari Kemenristekdikti.

Dalam usulannya, STKIP Muhammadiyah Batang mengusulkan Visi “Menjadi Institusi yang unggul sebagai pusat studi bidang pendidikan dan menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dan berkepribadian islami, kompetitif dan kompeten di tingkat regional dan nasional”.

Sedangkan salah satu misinya yaitu “Mengembangkan misi pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pembinaan kemahasiswaan dan pusat percontohan moral kemanusiaan”.

Drs H Nasihin MH, Sekda Batang mengatakan bahwa kedatangan Tim Visitasi dari Kemenristekdikti tersebut menjadi sejarah di Kabupaten Batang. Pasalnya, sebelumnya dan sampai sekarang belum ada kampus di kabupaten tersebut.

“Hari ini menjadi sejarah bagi Muhammadiyah, warga Batang dan khususnya warga STKIP karena belum ada kampus di Batang. Maka harapan kami, Tim Visitasi bisa menilai secara objektif dan memberi izin agar STKIP bisa berjalan lancar, karena dari PP Muhammadiyah sendiri sudah memberi jaminan berupa bantuan kalau sudah mendapat izin,” kata Drs H Nasihin MH Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batang saat memberi sambutan di hadapan puluhan hadirin.

Ia juga mengatakan bahwa proses awal kali diusulkan hampir lima tahun terhitung sampai tahun 2016 ini.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah elemen, mulai dari jajaran senat, perwakilan Muhammadiyah setempat, tamu undangan, kaprodi dan sekprodi serta dosen tetap dan sejumlah sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Batang di Jalan Tersono-Limpung, Batang, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran senat menawarkan dua program studi yang dinilai oleh tim dari Kemenristek Dikti. Kedua prodi tersebut adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Kedua prodi tersebut jika tak lama lagi mendapatkan izin operasional dari Kemenristekdikti akan dibuka dan siap menggelar perkuliahan di tahun depan. (sp/hp)