Rayakan Kebersamaan, SMP Muhammadiyah 1 Malang Bakar Sate Sepanjang 50 Meter

SangPencerah.id– Semarak Idul Adha masih terasa hingga Selasa (13/9/2016). Di SMP Muhammadiyah 1, Jl BS Riadi Kota Malang, daging hewan kurban dijadikan sate sepanjang 50 meter.

Daging yang dibuat sate merupakan jatah siswa setelah ada yang dibagikan ke warga sekitar sekolah. Di halaman sekolah tersebut telah dibuatkan tempat membakar sate. Berupa tumpukan arang dengan pembatas dari genteng.

“Kalau beli panggangan sate mahal. Jadi disiati membuat sendiri,” jelas Budiono, Kepala SMP Muhammadiyah 1 seperti dilansir media surya¬† di sela acara.

ce0ba0b109-large-img20160913wa0062

Sate sepanjang 50 meter itu ditusukkan pada kawat dengan ketebalan tiga mili. Beberapa siswa dengan duduk beralas plastik. Mereka asyik memasukkan daging campuran sapi dan kambing ke dalam tusuk kawat.

Sementara daging yang sudah dipotong-potong untuk sate dikumpulkan dalam wadah. Sehingga siswa tinggal memasukkan ke dalam kawat itu.

“Seru kegiatan seperti ini. Saya baru pertama kali ini ikut,” jelas Diva Aprilia, siswa kelas 9. Diva menyatakan meski capek tapi merasa senang.

Ia mengaku sudah di sekolah sejak pagi. Ditambahkan Budiono, untuk kebutuhan sate 50 meter diperkirakan membutuhkan 10 kg daging.

Di sekolah ini ada empat ekor sapi dan tiga ekor kambing dari hasil pengumpulan hewan kurban. Di balik kegiatan ini, sekolah ingin mendidik siswa lebih kompak.

“Juga menumbuhkan rasa sosial untuk anak-anak dengan cara membagikan ke warga sekitar,” kata dia.

Dengan adanya kegiatan ini, siswa jadi bertahan di sekolah untuk membagikan hewan kurban dan menungguu proses pembakaran sate.

Menurut kasek, acara seperti ini bisa membuat hiburan anak dan berlatih kerja sama. Seperti ada yang bertugas menguliti hewan kurban hingga membersihkan lokasi tempat penyembelihan.

Sementara untuk bumbunya juga dikerjakan siswa. Bumbunya berupa bawang putih, kecap dan ramuan biar tidak gosong. (sp/sm)