Pemuda Muhammadiyah Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

Sangpencerah.id – Jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 12 September mendatang, Pemuda Muhammadiyah Kota Depok memberikan pelatihan penyembelihan hewan kurban kepada 100 orang dari berbagai kalangan.

Praktek pelatihan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Kampung 99 Pepohonan, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (4/9). Pelatihan disambut baik oleh para peserta yang terdiri dari masyarakat umum, para anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), para panitia perayaan Idul Adha, para remaja masjid.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Depok Ali Wartadinata kepada SP mengatakan, pelatihan praktek penyembelihan hewan kurban yang diberikan oleh Pemuda Muhammadiyah berlandaskan pada tata cara penyembelihan sesuai dengan Sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

“Dalam Sunnah Rasul diperintahkan untuk menyembelih sendiri. Oleh karena itu kami memberikan pelatihan ini agar setiap orang bisa menyembelih hewan kurban untuk nanti diberikan kepada yang membutuhkan sesuai dengan sunnah Rasulullah,” tutur Ali kepada SP, di lokasi pelatihan penyembelihan.

Salah satu syarat sesuai dengan sunnah Rasulullah dalam menyembelih hewan kurban kambing misalnya adalah dengan tidak merobohkan kakinya. Akan tetapi cukup dengan memegang pundak kambing tersebut.

“Sesuai sunnah, kaki kambing tidak dirobohkan atau dipegangi. Cukup dipegang pundaknya saja. Ini nantinya akan berpengaruh pada rasa daging kambing setelah diolah. Dengan cara ini, daging tidak berbau prengus ┬ádan enak untuk dinikmati,” papar Ali.

Sementara itu, untuk Salat Idul Adha, Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Depok akan melaksanakan salat di 24 mesjid Muhammadiyah di 37 ranting Muhammadiyah se-Kota Depok pada tanggal 12 September 2016. (sp/bs)