Inilah Konteks Sebenarnya, Mengapa Pak Menteri Hingga Menulis Diatas Kepala Siswa

SangPencerah.id– Hari ini netizen di Indonesia kembali dihebohkan dengan beredarnya Foto Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang tampak menulis dikening salah satu siswa sekolah. Hujatan demi hujatan pun diberikan oleh masyarakat yang gagal paham dan salah dalam menginterpretasikan. Nah penjelasan dari salah satu staf humas Kemendikbud yang tersebar dalam jejaring media sosia, dari gambar yang menjadi obyek bullyan tersebut adalah sebagai berikut:

“Lokasi pengambilan gambar itu di SD Sabilillah Malang, saat Mendikbud berkunjung ke sekolah tersebut. Lalu si anak (yang terlihat ditulisi jidatnya) bersama teman-temanya juga gurunya menghampiri. Dia minta diberikan pesan dan tanda tanganĀ  dari Mendikbud sambil berseloroh minta ditulis di note yg ditempel di jidatnya biar terus nempel katanya. Saat itu konteksnya membangun kedekatan dan tidak ada maksud melecehkan. Pak Menteripun menulis sambil ngobrol dengan si anak.” Setelah membaca konteks ini, pertanyaanya: Apa yang akan Anda lakukan andai berada di situasi sama (diminta tandatangan note yang diletakkan di kepala anak?”

Dengan penjelasan seperti ini, semoga netizen mengerti dan tidak gagal paham dalam mengintepretasikan suatu gambar. (red)