Idul Adha 1437 H, Nilai Kurban Lazis Muhammadiyah Mencapai Angka 240 Milliar

SangPencerah.id- Lembaga Amil Zakat Nasional (Lazismu) mencatat jumlah pekurban yang ada dalam Tabulasi Kurban Nasional Lazismu pada 2016 atau 1437 H ini mencapai 116.618 ribu orang. penerima manfaat dari kurban adalah sekitar 3.148.686 kepala keluarga.

“Target tahun ini Alhamdulillah tercapai dan memecahkan rekor 2012 atas nama Lazismu,” ujar Direktur Eksekutif Lazismu, Andar Nubowo, Kamis (15/9).

Ia mengatakan, jika dirupiahkan, total nilai ekonomi dari kurban tersebut mencapai Rp 246,968 miliar. Itu adalah hasil tabulasi kurban nasional sampai dengan Kamis (15/9) pukul 18.00 WIB.

Andar menjelaskankan, Lazismu menyalurkan kurban hingga ke pelosok negeri yang tergolong 3 T yakni Terdalam, Terluar, dan Tertinggal. Penyaluran kurban yang dilakukan oleh lembaga filantropi Muhammadiyah ini, dimulai dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua melalui kantor perwakilan dan kantor layanan unit Lazismu yang tersebar di Indonesia.

Lazismu bersama berbagai komunitas juga, dalam momen ini, mengadakan kurban khusus di wilayah Indonesia Timur seperti di Papua dan Nusa Tenggara Barat. Lebih lanjut, daging hewan kurban pun, kata Andar, disalurkan kepada masyarakat yang memang jarang merasakan daging kurban. “Masyarakat semakin percaya dengan Lazismu,” kata dia.

Bahkan, menurut Andar, kali ini, dari data yang ada, pekurban di Lazismu telah memecahkan rekor Muri. Andar berterimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah berbagi dengan pemanfaat kurban melalui Lazismu untuk berkurban menunaikan ibadahnya. Sebab, dari program yang dilaksanakan Lazismu ini, menunjukkan program-program Lazismu sangat dirasakan oleh banyak orang.

Sementara itu, untuk menyiapkan program kurban tahun 2017, kata dia, Lazismu akan membangun 100 sentra peternakan hewan kurban di 34 provinsi. Dari setiap sentra itu, akan ada 1000 hewan kurban yang diternak. “Kita akan siapkan untuk tahun depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Lazismu telah melaksanakan program Kado Ramadhan pada 2016. Andar mengatakan, masyarakat menyalurkan donasinya untuk program ini mencapai Rp 35 miliar. Dan angka itu meningkat 10 kali lipat dari tahun sebelumnya khusus di program berbagi kebahagiaan pada bulan puasa itu. Sampai saat ini, Lazismu telah memiliki 200 kantor perwakilan di provinsi dan daerah yang ada di seluruh Indonesia. (sp/rol)