Walikota Surabaya Risma : “Saya Sekolahnya di Muhammadiyah”

Bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2017 semakin memanas. Nama Tri Rismaharini semakin gencar disebut akan ikut bertarung sebagai calon gubernur (cagub) di Ibu Kota.

Banjir dukungan telah muncul dari banyak pihak. Wanita yang saat ini tengah menjabat sebagai Wali kota Surabaya itu pun sudah mulai memberikan sinyal-sinyal apabila memang jalan nasibnya menuntun ke Jakarta.

Risma memang tidak setegas dulu ketika menjawab berbagai pertanyaan tentang kemungkinan maju menjadi gubernur di Ibu Kota. Kini dia mulai memberikan jawaban ‘bersayap’ dan penuh dugaan.

Pada ksempatan sebuah acara di Bumi Serambi Mekkah Risma menceritakan tentang persentuhannya dengan Muhammadiyah. Risma juga mendapat pendidikan Muhammadiyah. “Saya sekolahnya di Muhammadiyah” ujar Risma

Wanita kelahiran 20 November 1961 ini menjadi salah satu nominasi wali kota terbaik di dunia, 2012 World Mayor Prize, yang digelar oleh The City Mayors Foundation. Ia terpilih karena segudang prestasi yang sudah ia torehkan selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Ia dinilai berhasil menata kota Surabaya menjadi kota yang bersih dan penuh taman. Salah satu buktinya adalah pemugaran Taman Bungkul di tengah kota. Dulunya, taman tersebut tidak layak disebut taman, namun kini Taman Bungkul menjadi taman terbesar dan terkenal di kota Surabaya. Selain itu, ia juga telah berperan besar dalam membangun pedestrian bagi pejalan kaki dengan konsep modern di sepanjang jalan Basuki Rahmat yang kemudian dilanjutkan hingga jalan Tunjungan, Blauran, dan Panglima Sudirman. Di bawah kepemimpinannya pula, ia sukses mengantarkan Surabaya memperoleh penghargaan Adipura di tahun 2011.(ar/red)