Pukau Ribuan Penonton, Duta Budaya SMK Muhammadiyah 1 Blora Jadi Tim Favorit

SangPencerah.id– Gemerlap penutupan  pesta rakyat Hari Jadi Jateng ke-66, Minggu (28/8) yang dipusatkan di Kota Magelang, berlangsung semarak. Meskipun diiringi hujan yang sangat lebat, tak menyurutkan ribuan warga untuk menyaksikan acara akbar ini. Pesta rakyat ini ditutup dengan parade seni dan budaya yang diikuti seluruh duta seni budaya dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Parade Seni Budaya ini mengambil start dari Lapangan Rindam dan berakhir di Alun-Alun Kota Magelang.  Lima ratus penari topeng ireng dan defile Marching Band Akademi Militer, menjadi pembuka kegiatan Parade Budaya. Pesta kembang api, menambah semarak acara ini.

SMK Muhammadiyah sendiri menjadi perwakilan dari Kabupaten Blora dan menjadi tim Favorit, tim ini sendiri menyajikan tarian dinamis dengan iringan musik Barongan yang bertajuk “Sawung Tladung”, puluhan pelajar SMK Muhammadiyah Blora dengan kostum emas dan merah menari-nari, sesekali mengibaskan sayap kostum bernuansa ayam jantan.  Kostum ini semakin atraktif dengan ornamen menyerupai lampu berwarna merah hijau yang menyala terang. Tak ayal, aksi pelajar-pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora ini mendapat aplause meriah disepanjang Jalan Ahmad Yani, yang menjadi rute jalan parade Budaya.

“Tim SMK Muhammadiyah I Blora tampil berbeda, atraktif dan sangat menarik”, ujar Rini, salah satu pengunjung dari Kedu, Temanggung. Apresiasi juga ditunjukkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Jawa Tengah, Bapak Budi Santoso, “Blora sangat luar biasa, gerakan dan tema yang disajikan sangat wah,, semoga bisa terus dikembangkan, ujarnya”. Kehebohan penampilan tim SMK Muhammadiyah Blora ini juga menjadi perbincangan pada radio lokal di Kota Magelang.

Tim Seni Budaya SMK Muhammadiyah 1 Blora bukan kali ini saja mengikuti even budaya seperti ini, sebelumnya tim sekolah binaan Daihatsu pertama di Indonesia ini berkali-kali meraih juara kompetisi Budaya, seperti Juara I FLSN Tingkat Kabupaten Blora 2015, Juara 1 Parade Budaya Hari Jadi Blora 2014, Juara 1 Kompetisi Tari Tingkat Kabupaten Blora 2015, Juara II FLSN Tingkat Provinsi 2016, dan Juara II Parade Seni dan Budaya Jateng 2015.

Melengkapi prestasi SMK Muhammadiyah 1 Blora yang berhasil memukau ribuan penonton di Kota Sejuta Bunga, sekolah di bawah naungan Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah 1 Temanggung juga diganjar prestasi membanggakan. Sekolah ini menjadi Juara 1 Futsal Tingkat Provinsi, hadiah pun langsung diserahkan oleh Wagub Jateng, Heru Sudjatmiko, sebelum membuka parade budaya. (redaksi)