Pendaftar di Universitas Muhammadiyah Malang, Tembus Angka 25 Ribu

SangPencerah.id– Pelaksanaan Tes Tulis Gelombang III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang merupakan tes gelombang terakhir masih banyak diminati lulusan Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) seluruh Indonesia. Hingga pelaksanaan ujian, Senin (22/8), sebanyak 3632 calon mahasiswa baru (camaba) mengikuti ujian yang diadakan di tiga titik lokasi, yakni Gedung Kuliah Bersama (GKB) I, GKB II dan Aula Fakultas Teknik (FT).

Jika ditotal dari gelombang satu hingga tiga, pendaftar UMM sudah melampaui 25 ribu orang, meningkat dibangding tahun lalu sekitar 22 ribu pendaftar. Sekalipun pendaftar meningkat, dari total tiga gelombang UMM hanya akan menerima antara 6.500 hingga 7000 pendaftar sesuai passing grade masing-masing program studi. Khusus gelombang tiga, ada sekitar 2000 camaba yang akan diterima.

Seperti diberitakan sebelumnya, UMM telah menutup pendaftaran bagi lima program studi (prodi) di gelombang III, yaitu prodi Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional(HI),Manajemen, Akuntansi dan Kedokteran. Hal itu berdasarkan edaran yang dikeluarkan kepala Unit Pelaksana Teknis PenerimaanMahasiswa Baru (UPT PMB) Dr Ermanu Azizul Hakim MT tertanggal 1 Agustus 2016.

Meski demikian, pelaksanaan tes gelombang III tetap mendapat pengamanan ketat dari petugas keamanan sipil. Diakuinya, pada pelaksanaan tes gelombang I dan II, khususnya di Fakultas Kedokteran rawan terjadi kecurangan. “Meski Fakultas Kedokteran telah ditutup di gelombang III, kami tetap melakukan pengamanan ketat untuk mengantisipasi segala bentuk kecurangan,” kata Wakil Rektor I, Prof Dr Syamsul Arifin saat ditemui diruangannya.

Hasil pengumuman gelombang III dapat dilihat pada 29 Agustus 2016 mendatang di laman pmb.umm.ac.id. sedangkan pelaksanaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) dilaksanakan selama 4 hari, mulai 5-8 September 2016 (sp/umm)