Musyawarah Ranting Muhammadiyah Makamhaji Pakai Sistem E-Voting

Tim e-voting Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Makamhaji

Sangpencerah.id – Ahad, 28 Agustus 2016 merupakan salah satu momen yang paling berharga bagi Ranting Makamhaji, Cabang Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Hari itu diadakannya event 5 tahunan yaitu Musyawarah Ranting (Musyran) yang bertempat di SMP 2 Muhammadiyah Kartasura. Terbentuknya kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Ranting Makamhaji  (PRPM) dan kepengurusan Nasyiatul ‘Aisyiah ranting makamhaji (PRNA) yang sebelumnya belum ada dalam ranting makamhaji.

Acara kemarin didahului oleh Sambutan dari ketua panitia Musyran yaitu Bp. H. Sutan Syahrir Zabda,SH.MH dan disambut meriah oleh peserta Musyran. Memasuki acara selanjutnya yaitu sambutan PCM Kartasura yaitu Bp. Prof.Dr.Bambang Sumardjoko Beliau menyampaikan bahwa Makamhaji adalah gudangnya tokoh-tokoh Muhammadiyah. Oleh karena itu beliau meminta Bp. Drs. Abdul Fatah Bintoro untuk tidak dipilih kembali menjadi ketua karena beliau sudah dipilih sebagai sekretaris di PCM Kartasura. Yang kemudian beliau mengakhiri sambutannya dengan membuka acara Musyran pada Ahad siang kemarin.

Kemudian acara utama yaitu laporan kegiatan PRM dan PRA periode 2010 – 2015 yang di adakan pada ruangan yang berbeda. Pada pembacaan tersebut isi dari laporan kegiatan PRM dan PRA periode 2010 – 2015 antara lain menjelaskan tentang beberapa kegiatan PRM dan PRA makamhaji. Salah satunya yaitu kajian rutin selasa malam dan senin pon, dan mengurus pensertifikatan wakaf aum-aum Muhammadiyah dan ‘Aisyiah di makamhaji.

Acara selanjutnya yaitu pemilihan 13 calon formatur menggunakan E-Voting, baik untuk Ranting Muhammadiyah, maupun Ranting ‘Aisyiyah. Pemilihan calon formatur tersebut dilaksanakan oleh calon TIM IT Ranting Makamhaji yang kemudian menjadi pengurus Pemuda Muhammadiyah Ranting makamhaji dan diawasi oleh Koordinator TIM IT Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Pada sesi pemilihan formatur, para pemilih sangat antusias dalam melaksanakan pemilihan dengan cara E-Voting tersebut. Karena pemilihan dengan cara E-Voting masih tergolong baru dan masih banyak yang belum menggunaan cara tersebut. Hal ini pula yang mendorong TIM IT semakin bersemangat dalam mengadakan E-Voting di ranting Makamhaji.

Hasil perolehan suara terbanyak 13 calon formatur untuk Pimpinan Ranting Muhammadiyah Makamhaji :

  1. Sutan Syahrir Z, SH.,MH (30 suara)
  2. Edy Siyamto, M.Si (26 suara)
  3. Arif Widodo, S.Kep.MKes (25 suara)
  4. Zaenal Abidin, M.Pd (21 suara)
  5. Abdul Fatah Bintoro (20 Suara)
  6. H. Karim Fathan, MT (20 suara)
  7. Agus Widodo (17 suara)
  8. Mudzakir (16 suara)
  9. Mardalis,M.BA (15 suara)
  10. Darojat Ariyanto, M.Ag (13 suara)
  11. Suyadi (12 suara)
  12. Suharjiyanto (12 suara)
  13. Noorhadi Thohir (10 suara)

Hasil perolehan suara terbanyak 13 calon formatur untuk Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji :

  1. Lilik Tri Prihantini (55 suara)
  2. Sri Hartini (50 suara)
  3. Badriyah Sumaryatmo (47 suara)
  4. Sri Marwini Suyadi (46 suara)
  5. Masyrifah Mulyani (38 suara)
  6. Siti Aminah Zaenuri (36 suara)
  7. Yeni Maharani (35 suara)
  8. Wiyanti Burhan (32 suara)
  9. Sri Retnaningsih (30 suara)
  10. Nuryanti (30 suara)
  11. Tatik Nurhadi (29 suara)
  12. Ismoko Weni (28 suara)
  13. Ismiatun Kuswaji (24 suara)

Kemudian dilanjutkan dengan sidang pembentukan pengurus PRPM & PRNA yang dipimpin oleh ketua pengurus Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kartasura untuk PRPM & ketua pengurus Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah untuk PRNA. Hasil sidang sama-sama menetetapkan seluruh anggota sidang dari Pemuda Muhammadiyah menjadi pengurus PRPM dan dari Nasyiatul ‘Aisyiyah menjadi pengurus PRNA. (sp/risky)