Kuasai 5 Bahasa Asing, Pelajar Muhammadiyah Gresik Raih Keseempatan Belajar di Swiss

SangPencerah.id– Muhammad Heaven Handoko (17), siswa kelas XIII MIA 3 SMA Muhammadiyah I Gresik terpilih jadi salah satu peserta Program Pertukaran Pelajar Internasional atau AFS Intercultural.

Warga Gresik ini berangkat ke Swiss pada 17 Agustus 2016 mendatang. Sebelum berangkat ke luar negeri, Heaven dan 129 siswa lain asal Indonesia yang mengikuti program ini bakal lebih dulu berkumpul di Jakarta.

“Saya sebenarnya siswa dari kelas eksakta, tapi sangat menyukai belajar bahasa. Di mana sehari-hari, saya kursus bahasa Inggris, Jepang, Jerman, China, dan juga bahasa Arab,” ujar Heaven, Rabu (10/8/2016).

Sebelum terpilih mewakili Gresik dan tergabung dengan tim Indonesia, Heaven lebih dulu menyisihkan 600 siswa se-Kabupaten Gresik. Ia pun akhirnya terpilih di antara 129 siswa yang terseleksi mewakili Indonesia, dari 2 juta siswa se-Indonesia yang ikut seleksi pada saat itu.

Rencananya, Heaven akan berada di Swiss bersama dengan rombongan asal Indonesia lainnya selama satu tahun. Namun setelahnya, Heaven tidak akan langsung balik ke Indonesia, namun bakal melanjutkan sekolahnya di Inggris selama lima tahun.

“Jadi kurang lebihnya, saya akan berada di luar negeri nanti selama enam tahun. Satu tahun di Swiss untuk mengikuti AFS Intercultural program, dan lima tahun setelahnya melanjutkan studidi Inggris,” jelasnya.

Selain menguasai lima bahasa asing, Heaven juga ternyata mahir dalam membawakan tarian Garuda Nusantara, serta gemar akan dunia robotik. Hobi merakit robotyang digeluti sejak kelas III SMP sempat mengantar dirinya meraih berbagai juara di berbagai ajang, baik nasional maupun internasional.

Di antaranya, Heaven pernah meraih Merit Awards atas penemuan neurologic home pada kompetisi Nasional Teknologi Informasi dan Teknologi 2013, Juara I Nasional ME Award 2015, Juara I Robot Sumo dalam Olimpiade Robot International (IISRO 2015), serta beberapa penghargaan lain dalam ajang kontes robot.

“Saya hanya bisa berdoa, semoga studi anak saya di luar negeri nanti akan berlangsung lancar dan berhasil,” ujar ayahanda Heaven, Arif Handoko yang didampingi istrinya, Umsullah Hariati.

Saat belajar di luar negeri nantinya, anak sulung dari dua bersaudara ini berencana akan belajar ilmu enterpreuneur, yang nantinya bakal ia kembangkan saat kembali ke Indonesia. Dengan harapan, dia bisa memberikan sumbangsih untuk memajukan Indonesia.

Dengan ditemani Kepala SMA Muhammadiyah I Gresik Ainul Muttaqien, serta kedua orang tuanya, Heaven berpamitan kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Mochammad Qosim,Rabu (10/8/2016), di ruang kerjanya di Pemkab Gresik. (sp/kps)