Ribuan Pandu Hizbul Wathan Siap Serbu Kota Solo

SangPencerah.com – Pemandangan berbeda nampak menghiasi sepanjang jalan di wilayah Surakarta. Ribuan bendera Hizbul Wathan banyak terpasang di pohon dan tiang listrik. Pemandangan ini terjadi karena Kota Solo menjadi tuan rumah Muktamar Hizbul Wathan ke-3 pada tanggal 13-16 Juli 2016. Pelaksanaan Muktamar HW terasa penuh dengan kemeriahan karena masih terasa suasana lebaran. Maklum saja, Muktamar HW ke-3 di Solo dilaksanakan h-7 setelah lebaran idul fitri. Panitiapun harus merelakan waktu mudiknya demi mensuksekan agenda Muktamar Hizbul Wathan. Selain pelaksanaannya, Muktamar HW di Solo juga terasa sangat mensejarah, karena Solo merupakan awal ide pembentukan Hizbul Wathan yang pada saat itu Ahmad Dahlan berkunjung tabligh di Solo dan singgah di Pura Mangkunegaran.

Maka tak salah, jika Muktamar HW di Solo juga merupakan momentum untuk kembali mengingatkan kepada kader Hizbul Wathan diseluruh Indonesia tentang sejarah kelahiran Hizbul Wathan. Maka kali ini tema Muktamar Hizbul Wathan ke-3 di Solo mengangkat tema “Mewujudkan Kepanduan Yang Berakhlaq dan Berkemajuan”. Tema yang sesuai dengan karakteristik pandu hizbul wathan yaitu pandu islami.

Muktamar Hizbul Wathan kali ini akan menyita ribuan pandu hizbul wathan di seluruh Indonesia, mulai dari peserta penuh yang berasal dari 24 Perwakilan Kwartir Wilayah Hizbul Wathan, juga para penggembira yang rata-rata berasal dari wilayah Jawa Tengah. Selain itu juga dari ribuan warga Muhammadiyah Solo yang siap memeriahkan dan menyemarakan Muktamar Hizbul Wathan.

Muktamar Hizbul Wathan juga dimeriahkan oleh beberapa Pandu Penuntun yang berasal dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) alias kampus Muhammadiyah. Mereka terdiri dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan beberapa PTM yang lainnya. Muktamar HW semakin meriah karena menampilkan atraksi drumband dari beberapa kwartir wilayah Hizbul Wathan, diantaranya Drumband KWARWIL Bali, Jember, UMS, SMA Muhammadiyah 5 Jogja, Klaten, dan Drumband Pandu Senior.

Maka tak salah jika dalam Sambutan Ketua Umum Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda Uun Harun mengatakan bahwa Muktamar HW adalah peristiwa penting lima tahunan. Muktamar adalah forum permusywaratan tertinggi yang telah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Maka Muktamirin hendaknya datang di medan Muktamar dengan kesadaran, niat yang ikhlas, berbuat ihsan dari awal sampai akhir, kendatipun tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak menyenangkan. Maka untuk mewujudkan kepanduan yang berakhlaq dan  berkemajuan hendaknya dikerjakan dengan sedikit-sedikit, bersama-sama, saling menolong. Insya Allah akan terwujud. (red)

Media Center Muktamar Hizbul Wathan Ke-3