Ketangguhan Kader Banyuwangi, Pelantikan HW dan Syawalan Muhammadiyah Dihadiri Warga Muhammadiyah Genteng

Banyuwangi. SangPencerah.id–  Seakan tak ingin ketinggalan dengan daerah lain, kini giliran Banyuwangi warga Muhammadiyah bersemangat mendatangi  acara  Syawalan sekaligus Pelantikan HW  Cabang Genteng.

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, itulah yang dilakukan anak-anak muda Hizbul Wathan Cabang Genteng saat ini. Dengan terus berkiblat pada semboyan sedikit bicara banyak bekerja mampu menghasilkan 3 agenda sekaligus dalam satu hari.

Sebagai bentuk pewujudan mengemban amanah sebaik mungkin serta menertibkan administrasi seperti yang digaungkan Rakanda Muhammad Nasir (Ketua Umum terpilih) dalam visi misinya ketika Musyawarah Cabang, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Cabang Genteng hari ini (24/7) berhasil melantik 31 kader taruna melati 1 angkatan ke 7 , serta 12 kader taruna melati 2 angkatan ke 2.

“Kegiatan pelantikan kali ini kami isi dengan pengembangan softskill yakni membuat yel-yel interaktif untuk setiap jenjang, membuat dan mengaplikasikan game outdoor maupun indoor untuk setiap calon taruna melati 1, serta belajar menjadi konseptor yang ahli dan belajar menjadi fasilitator yang handal untuk taruna melati 2 ” ujar Samsul F. (Ketua Panitia) saat upacara pembukaan pada hari Sabtu (23/7) di halaman SMP MUH 8 Pandan.

Ke empat puluh tiga kader yang di lantik tersebut, samsul menjelaskan dengan usia produktif karena berada di jenjang penghela, keaktifan mereka di qabilahnya masing-masing dan telah tuntas mengisi syarat kenaika tingkat (SKT) menjadi syarat mutlak kwartir cabang melantiknya. tegasnya

Samsul menjelaskan bahwa yang lulus taruna melati 1 dan 2 bukan hanya sebagai bentuk seremoni saja belaka namun mereka akan menjadi pelatih sementara hingga adanya lulusan jaya meti 1 yang memumpuni serta siap melatih dan menjadi pelatih qabilah.

Samsul juga menambahkan, di samping kegiatan inti tersebut kami juga mengadakan diklat tamu penghela akselerasi. Dalam diklat ini di ambil kader Hizbul Wathan yang telah kami didik sejak di tingkatan pengenal sejumlah sepuluh kader. Ke sepuluh kader yang mengikuti diklat ini mayoritas adalah pimpinan dewan pasukan yang aktif membina kader pengenal. Dan tentunya mereka juga aktif di setiap kegiatan yang di adakan kwartir cabang, baik dalam kegiatan pelatihan maupun perkemahan.

 “Di kwartir cabang genteng saat ini hanya memiliki 3 pelatih qabilah termasuk saya salah satunya sedangkan ada 17 qabilah bimbingan kami. karena domain atau wilayah kerja kami hanya sebatas cabang maka kami tidak bisa mengadakan secara mandiri kegiatan kursus dewasa karena itu adalah wilayah kwartir daerah yang keluarannya menjadi pelatih qabilah. Oleh sebab itu kami memberdayakan lulusan taruna melati 1 dan 2 menjadi pelatih qabilah” ujar Muhamad Nasir

Kegiatan pelantikan ini memang di sengaja mengambil tempat di SMP Muh 8 Pandan yang lokasinya berdekatan dengan kegiatan halal bihalal yang di selenggarakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Genteng. selain mensukseskan kegiatan pelantikan, kami juga harus mensukseskan kegiatan ayahanda Muhammadiyah terbukti kami bisa mengahadirkan lebih dari 50 kader di luar peserta pelantikan dan pasukan drumb band HW SMP Muh 1 Genteng.

Ustadz DR. H. Taufiqurrohman M. Ag : Mari Jaga Ukhuwah Islamiyah Untuk Masyarakat Islam Berkemajuan

Sementara itu dalam acara Halal Bihalal Muhammadiyah Cabang Genteng, Ahad 24 Juli 2016. DR. H. Taufiqurrohman M.Ag menyampaikan tausyiahnya kepada jamaah yang hadir untuk meningkatkan upaya diri untuk menjaga semangat ukhuwah Islamiyah kepada sesama muslim. “Jika ada yang senang bertengkar  dengan sesama saudara seiman, itu namanya belum mengamalkan ajaran Islam dengan baik”, tandas Taufiq dengan berapi-api.

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh pimpinan, pengurus, warga dan simpatisan Muhammadiyah Cabang Genteng Banyuwangi dosen Unmuh Surabaya ini juga berpesan mengapa kita sebagai ummat Islam harus bersatu? Setidaknya ada tiga hal yang menjadi alasannya. Pertama, bahwa ummat islam adalah sama-sama mempunyai Tuhan yang Satu, tuhan yang maha esa, tidak beranak dan tidak diperanakkan. Kedua, ummat islam adalah satu penciptaan yang berasal dari Nabi Adam  Alaihissalam, yang merupakan bapak manusia. Ketiga bahwa kita adalah mempunyai semangat yang sama, kemanusiaan, lanjut Taufiq.

Halal bihalal tahun ini bertempat di halaman SD Negeri 6 Kembiritan Pandan Genteng. Dengan tema mempererat ukhuwah islamiyah menuju masyarakat islam yang berkemajuan. Jumlah undangan yang mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai sejumlah lebih dari 500 orang.

Acara diawali kirab kader Muhammadiyah Genteng untuk menyambut dan mengawal kedatangan mubaligh. Perform drum band SMP Muhammadiyah 1 Genteng, berseragam HW lengkap. Parade oleh GKHW kwarcab genteng dan barisan PC IPM Genteng.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Genteng, Ainurrofiq, M.Pd mengatakan salam sambutannya, banyak kegiatan yang akan dilaksanakan PCM Genteng dalam periode ini. Kegiatan khitanan massal akan diselenggarakan 3 hari setelah Hari Raya Idul Adha. Tahun ini kembali akan digelar dan bekerjasama dengan RSU PKU Muhammadiyah Rogojampi. Bapak dan ibu yang mempunyai anak laki-laki silahkan membawa putranya untuk dikhitan, insya allah cepat sembuh, ujar Rofiq.

Kegiatan rutin tahunan di bulan syawal ini dilaksanakan secara bergiliran oleh AUM yang ada di Cabang Genteng, ungkap Hafez Rusydi SE, Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Genteng. Tahun ini diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Genteng, SMP Muhammadiyah 8 Pandan dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pandan. Turut mensukseskan acara ini antara lain Pimpinan Cabang Aisyiyah Genteng, KOKAM, Pemuda Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Tapak Suci Pemuda Muhammadiyah, GKHW Kwarcab Genteng dan PC IPM Genteng. Hafez melanjutkan bahwa dana untuk kegiatan ini diperoleh dari kontribusi bersama pimpinan cabang genteng dan amal usaha muhammadiyah se genteng.  Ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah adalah persyarikatan yang mandiri, pungkas putra ketiga dari H. Rahmad Su’udi itu. Hidup Muhammadiyah! (sp/drj)

Reporter : Dokhan-pkurogojampi

Foto-foto:

hw genteng2 hw genteng3