Tumbangkan SMA NU di Futsal, 2 SMA Muhammadiyah Dominasi Juara se-Jawa

SangPencerah.com- Tim futsal SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar berhasil menyabet gelar juara setelah menundukkan SMA NU Al Maruf Kudus dalam ajang Britama Futsal Championship SMA/SMK se-Jawa yang digelar di GOR Manahan, Minggu (29/5/2016) malam. SMA Muh 1 Karanganyar jadi kampiun selepas menang dengan skor telak, 6-2.

Ini merupakan gelar juara pertama bagi tim futsal SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Prestasi ini diraih tim besutan Sukirno dengan tak mudah mengingat mereka harus bersaing ketat dengan tim futsal SMA/SMK se-Jawa. Sebanyak 61 SMA/SMK di Pulau Jawa ambil bagian dalam turnamen futsal yang kali pertama digelar oleh BRI Kantor Cabang Sudirman, Solo.

Di perempatfinal tim juara yang diperkuat sebagian besar siswa Kelas X ini menang adu penalti atas SMAN 6 Solo. Mereka lolos ke semifinal dengan skor 2-2 (2-0). Sedangkan di empat besar tim yang juga ikut dalam kompetisi liga futsal pelajar Karanganyar ini menyingkirkan SMKN 9 Solo dengan skor akhir, 3-2.

“Hasil ini melebihi ekspektasi kami. Saya sendiri sebagai pelatih cukup terkejut anak-anak bisa tampil luar biasa. Apalagi melihat tim-tim lawan yang berat dan merupakan unggulan. Akan tetapi, saya melihat anak-anak yang tak kenal menyerah dan tetap bersemangat dalam setiap pertandingan,” jelas Sukirno, kepada wartawan, Minggu malam.

Sedangkan SMA NU Al Maruf Kudus harus puas menjadi runner up. Mereka melenggang ke perempatfinal setelah menumbangkan  SMAN 11 Bandung lewat skor telak, 5-1. Sementara di semifinal mereka mengalahkan SMA Muhammadiyah 1 Klaten dengan skor, 5-0. Peringkat ketiga direbut SMA Muhammadiyah 1 Klaten yang mengalahkan SMKN 9 Solo, 4-1. Hasil pertandingan ini memperlihatkan bagaimana keunggulan sekolah-sekolah Muhammadiyah yang mendominasi kompetisi kejuaraan, dengan memborong juara 1 dan 3 se-Pulau Jawa.

Sebelumnya, tim-tim futsal unggulan level SMA di Kota Solo harus menelan pil pahit karena langsung tumbang di babak awal turnamen yang digelar Rabu-Minggu (24-29/5/2016). Tim langganan juara futsal, SMA Batik 2 Solo, mesti tumbang di laga perdana kontra SMAN 1 Magetan, Jawa Timur. Tim juara Wali Kota Solo Cup 2016 itu tersingkir setelah kalah dengan skor akhir, 3-4. Sedangkan  SMAN 7 Solo yang baru saja menjadi kampiun Al Firdaus Cup 2016 didepak SMAN 1 Trucuk, Klaten, dengan skor 1-4, Rabu (25/5/2016). (sp/solopos)