Sering Tampil Juara, TK ‘Aisyiyah di Merauke Sedot Minat Ratusan Siswa

TK Aisyiyah Darussalam yang beberapa waktu lalu meraih juara

SangPencerah.com- TK ABA ada dimana-mana, TK ABA ada dimana…..TK ABA ada diseluruh nusantara….la.la..laaa la laaa, la la laa laaa. Bagi kita yang pernah mengenyam pendidikan di bangku TK ABA, lagu ini tentu sangat akrab ditelinga kita. Selain mengekspresikan kecintaan kepada TK ABA, lagu ini juga ingin menyampaikan pesan kebanggaan bahwa, keberadaan TK ABA memang benar-benar tersebar dipelbagai penjuru nusantara.

Kiranya, lirik lagu diatas bukanlah isapan jempol semata. Saat ini TK yang dikelola pergerakan Aisyiyah ini memang benar-benar menyebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dari puluhan ribu TK miliki ‘Aisyiyah, 9 TK diantaranya berada di Merauke, ujung Provinsi Papua yang berbatasan langsung dengan Papua New Gini. Sembilan TK milik ‘Aisyiyah ini tersebar ke dalam beberapa distrik di Kabupaten Merauke. Salah satu TK yang paling membanggakan adalah TK Baitul Arqom yang berada di wilayah Merauke 3, TK BA di Tahun Pelajaran 2015/2016 ini mendidik 138 siswa, yang terdiri dari 65 siswa putri dan 73 siswa putri, jumlah ini termasuk banyak untuk ukuran TK di Indonesia, khususnya di Papua.

TK MERAUKE
Kegiatan Manasik Haji, TK Aisyiyah se-Merauke

TK Aisyiyah Darussalam Kuprik yang berada di Distrik Semangga-Tanah Miring juga tak kalah hebat, selain memiliki banyak siswa TK ini juga memiliki banyak prestasi. Misalnya, awal Mei yang lalu TK ini berhasil meraih juara I lomba membentuk dengan plestisin bagi peserta didik TK dan menjadi juara harapan II lomba kreatifitas sekolah TK se-Distrik Semangga-Tanah Miring. Di Bulan April,  TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Wasur 2 berhasil merah Juara I (Pertama) Lomba Finger Painting dalam rangka HUT GOPTKI se- Kabupaten Merauke.

Meskipun telah memiliki banyak murid dan sering meraih kejuaraan, TK-TK milik Aisyiyah di Merauke tidak cepat berpuas diri. Rini Lestari, Pimpinan Daerah Aisyiyah Merauke kepada SangPencerah.com menuturkan bila kesuksesan TK-TK yang dikelola Aisyiyah  tak lepas dari perjuangan-perjuangan Ibu-Ibu Aisyiyah untuk membesarkan institusi pendidikan. Untuk meningkatkan animo masyarakat, aktivis GOW ini menuturkan bila TK-TK Aisyiyah memiliki kurikulum agama yang lengkap, materi pengajaran yang komprehensif, prestasi-prestasi yang diraih  dan output lulusan yang berkualitas, sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat, pungkasnya.

13419035_248803455488638_8452181723912593344_n.....
Statistik Siswa TK Baitul Arqom, satu diantara 9 TK yang dimiliki Aisyiyah Merauke

Walaupun membanggakan, ada beberapa hal yang agak beda dari TK-TK Aisyiyah di Merauke dengan TK milik Aisyiyah di tempat lainnya. Salah satunya adalah penggunaan TK ABA, tidak semua TK ABA di Merauke menggunakan nama “ABA” karena para pejuang Muhammadiyah dan Aisyiyah saat mendirikan kurang memahami penggunaan nama ini, sehingga TK ini ada yang diberi nama “Baitul Arqom, Yapis, dll. “Saat awal saya masuk saya gemes, melihatnya..awal didirikannya 3 TK, belum ada orang yang paham mengenai proses pendiriaan, termasuk pemberian nama itu, jadi diberi nama sendiri. Bahkan ada TK Muhammadiyah yang didirikan dengan SK Yapis, waktu itu ada beberapa anggota Muhammadiyah yang juga anggota Yayasan Pendidikan Islam”, pungkasnya.

Selain aktif mengembangkan pendidikan, Aisyiyah Merauke turut pula melakukan kegiatan peningkatan kesehatan, penguatan ideologi keislaman dan kemuhamadiyahan, serta aksi-aksi sosial lainnya. Inilah potret perjuangan Aisyiyah dibatas negeri, inspirasi berharga bagi kita semua. (sp/jwt)