RSI Banjarmasin: AUM Kesehatan Unggulan, Kebanggaan Muhammadiyah Kalimantan Selatan

RSI Banjarmasin

SangPencerah.com- Polemik mengenai RSI Purwokerto yang menjadi milik Muhammadiyah tapi tak menggunakan nama Muhammadiyah menjadi pertanyaan banyak pihak. Sebagai warga persyarikatan kita harus paham dan mengenal bagaimana jejak perkembangan amal usaha Muhammadiyah, termasuk pula kronologi penamaannya. Meskipun lazimnya AUM Kesehatan Muhammadiyah menggunakan nama “PKU Muhammadiyah”, tapi banyak sekali AUM Kesehatan yang tak menggunakan nama Muhammadiyah pada nama resminya. Banyak yang mengatakan, upaya itu tidak lain untuk syiar Muhammadiyah agar tak terkesan eklusif. Seperti halnya RSI Purwokerto yang ramai diperbincangkan, banyak RSI-RSI lain yang menjadi milik Muhammadiyah, seperti halnya RSI Banjarmasin berikut ini.

Rumah Sakit Islam Banjarmasin adalah salah satu Amal Usaha Milik Muhammadiyah Kalimantan Selatan, yang didirikan pada Tahun 1972, dengan semangat da’wah dan keinginan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya Kalimantan Selatan.

Pada awal mulai berdirinya bernama Rumah Sakit Bersalin ST. Khadijah, yang hanya melayani pasien-pasien bersalin dengan beberapa kamar rawat inap pada waktu itu. Seiring dengan perkembangan jaman dan semangat yang tinggi maka ditingkatkanlah status rumah sakit khusus bersalin menjadi rumah sakit yang melayani secara umum semua jenis layanan kesehatan yang sampai sekarang bernama Rumah Sakit Islam Banjarmasin.

Saat ini Rumah Sakit Islam Banjarmasin memiliki 13 Klinik rawat jalan yang didukung oleh dokter-dokter spesialis yang handal dan professional di bidangnya, serta memiliki beberapa pilihan ruang perawatan rawat inap yang dilengkapi dengan taman-taman yang asri dan indah dari Super VIP, VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III, dan ruang perawatan ICU / ICCU serta Ruang Renal Center (Hemodialisa) dan layanan 24 jam Laboratorium, IGD, Radiologi, USG,  Farmasi dan layanan penunjang lainnya seperti tread Mill,  serta layanan pilihan Medical Check Up. (red)