Pesan Muhammadiyah Pada Calon Kapolri : Peristiwa Siyono Jangan Terjadi Lagi

SangPencerah.com- Kasus yang mirip dengan tewasnya Siyono saat dalam pengawalan aparat kepolisian kembali terjadi. Kini Abdul Jalal telah dimakamkan dengan bekas luka tembak dan luka sayatan setelah sebelumnya ditangkap oleh Polisi.

Ketua PP Muhammadiyah Dahnil Anzar mengatakan tidak ingin peristiwa tersebut kembali terulang. Dia meminta supaya aparat kepolisian lebih terbuka dalam menindak tegas pelaku tindak kejahatan meskipun apabila pelakunya adalah anggota kepolisian.

“Selama ini kami anggap institusi yang sama sekali tidak bisa dikoreksi adalah kepolisian,” ujar Dahnil seperti dilansir Republika.co.id di Jakarta, Kamis (16/6).

Apalagi sambungnya saat ini ramai dibicarakan terkait pencalonan Kapolri. Dahnil berpesan apabila memang nama Tito Karnavian yang disebut-sebut oleh Presiden sebagai pengganti Jenderal Badrodin Haiti agar kepolisian ke depannya lebih terbuka dan menerima koreksi dari masyarakat.

“Karena kasus ini juga kan berulang kali kasus-kasus serupa terjadi ini yang harus menjadi koreksi polisi. Jadi saya pikir hal-hal seperti ini bisa menjadi PR paling penting yang hartus dituntaskan kepolsian,” ujarnya.(sp/rep)