Pemuda Muhammadiyah Sultra Akan Laporkan Kasus Kematian Arqam ke Komnas HAM

SangPencerah.com – Abdul Jalil Arqam (25) tewas akibat dugaan penganianyaan yang dilakukan oknum kepolisian. Jalil adalah putra Arqam Ali, Tokoh Muhammadiyah di Sultra. Arqam Ali sekarang aktif di Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tenggara. Kejadian memilukan kembali terjadi di negeri ini. Kejadian ini mirip kasus kematian Siyono, dibawa sehat, pulang jadi mayat.

“Terkait kasus terbunuhnya Abdul Jalil Arqam setelah diduga dianiaya oknum polisi, pihak Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Sultra dan keluarga akan melaporkan khausus ini ke KOMNAS HAM”, Ujar Aziz, Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tenggara.

Pihak AMM telah melakukan protes langsung ke kepolisian dalam bentuk 2 kali aksi unjuk rasa. “Sangat ironis, Abdul Jalil meninggal dalam perlindungan kepolisian karena sudah diamankan. Kalaupun korban adalah pelaku kejahatan, polisi harus tetap menjunjung asas praduga tak bersalah, tidak mestinya nyawanya dicabut dari raganya,” kata koordinator aksi, Abdul Rahman Darasi, di depan kantor Polres Kendari. (sp/rdk)

berita sebelumnya :

 Tewasnya Keluarga Muhammadiyah Sultra di Tahanan, Melukai Keadilan 

Kronologis Lengkap Kematian Putra Kyai Muhammadiyah, Mirip Kasus Siyono

Kisah Tragis Abdul Jalil Arqam, Dijemput Sehat Pulang Jadi Mayat