Pelajar Muhammadiyah DIY dan Jatim Borong Juara Kompetisi Sains Kuark Nasional

MIM Pare saat menerima Medali (kiri) dan siswi SD Muhammadiyah Krian (kanan) (Foto: Dokumentasi SP)

SangPencerah.com – Prestasi membanggakan kembali dipersembahkan pelajar Muhammadiyah dalam Olimpiade Sains Kuark 2016. Kali ini prestasi itu diraih oleh pelajar SD Muhammadiyah Krian, Sidoarjo dan MI Muhammadiyah, Kediri. Selain itu juga SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman DIY yang turut berpartisipasi dan meraih medali.

Andini Salsabiila Najiyya Tsaqiifa, pelajar SD Muhammadiyah Krian meraih Gold Medal dan Aisyah Ayuningtyas dari MI Muhammadiyah Pare meraih Bronze medal. Kedua pelajar ini berkompetisi pada level 2.  Sedangkan M.Fariz Ardiansyah Putra dari SD Muhammadiyah Condongcatur yang berkompetisi pada level 3 berhasil mempersembahkan Bronze Medal.

Olimpiade Sains Kuark sendiri merupakan kompetisi bergengsi yang mempertemukan sains cilik dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kompetisi ini sendiri diinisiasi oleh Prof.Yohanes Yurya, ilmuan kenamaan sains Indonesia yang sangat inovatif. Sejak pertama diadakan pada tahun 2007, jumlah peserta OSK terus meningkat hingga pada tahun 2012 telah mencapai 86.758 peserta dari 210 kota/kabupaten.

Babak final OSK dikemas secara khusus dengan bentuk yang menyenangkan sehingga setiap finalis dapat menikmati sebuah kompetisi seru yang asyik, mendidik dan membangkitkan kreativitas. Setelah pelaksanaan ujian, finalis diajak untuk mengikuti berbagai aktivitas seperti kunjungan ke pabrik, istana negara, Pekan Raya Jakarta, atau objek wisata di Jakarta. Pada hari penganugerahan medali OSK, peserta diajak untuk melakukan berbagai aktivitas lapangan yang seru dan menyenangkan seperti belajar bermain angklung dan permainan outbond. Bahkan untuk guru/orang tua pendamping peserta juga disediakan berbagai kegiatan seperti seminar pendidikan dan aktivitas lapangan.

Kepala SD Muhammadiyah Krian, Ustad Andi Teca kepada SangPencerah.com mengaku¬† sangat bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. “Alhamdulillah, anak SD Muhammadiyah Krian kembali¬† berprestasi, sangat bersyukur dan akan terus kami tingkatkan’, ujar kepala sekolah berprestasi dari Jawa Timur ini. (sp/jwt)