Muhammadiyah Dominasi UN Terbaik di DIY, 6 Siswa Raih Nilai Sempurna

Siswa SD Muhammadiyah Suronatan

SangPencerah.com- Sebanyak sembilan siswa Sekolah Dasar (SD) di DI Yogyakarta tahun ini mendapat nilai Ujian Nasional (UN) sempurna untuk semua mata pelajaran. Karenanya nilai total UN untuk 9 siswa ini sebanyak 300. Istimewanya, 6 dari 9 siswa yang meraih nilai UN sempurna ini didominasi sekolah-sekolah Muhammadiyah.

“Semua mata pelajaran yang diujikan di UN nilainya sempurna 100. Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA masing-masing 100,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Kadarmanto Baskara Aji, Jumat (10/6). Pembagian nilai UN dan pengumuman kelulusan siswa SD di DIY sendiri dibarengkan dengan pengumuman siswa SMP, Sabtu (11/6) ini.

Sembilan Siswa SD yang mendapat nilai UN sempurna tersebut adalah, Ammar Tsaqif Rahmandika, Muhammad Nur Aldi, Farhan Irham Habiby, dann Naura Shafa Riany keempatnya siswa SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Selain itu Farras Maula Audina siswa SD Muhammadiya Suronatan, Ratna Meda Nur Yada siswa SD Muhammadiyah Nitikan, dan Tiara Aufa Mahera, Dana Naufal Adiwidya sera Asiyah Fauzul Muna ketiganya siswa SD Negeri Percobaan 3.

“Secara keseluruhan siswa SD kelas. 6 di DIY lulus 100 persen,” ujar Aji. Peserta UN kelass 6 SD di DIY sendiri sebanyak 49.594 siswa. Nilai rata-rata UN tingkat SD teringgi diraih Kabupaten Kulonprogo dengan nilai rata-rata 237,59 disusul Kota Yogyakarta 236,82 kemudian Kabupaten Sleman 236,16, Bantul 229,35 dan Gunungkidul 217,53.

Nilai rata-rata UN tertinggi diraih SD Percobaan 3 dengan nilai rata-rata 289,95 disusul SD Muhammadiyah Sapen I dengan nilai 288,92 dan SD Muhammadiyah Suronatan dengan raa-rata 281,90. Jumlah murid yang dimiliki SD Muhammadiyah Sapen paling banyak, sehingga standar deviasi untuk membaginya lebih besar.  (sp/rol)