Menang Robo Cup se-Asia, Robot Mudipat Pucang Targetkan Juara I Dunia di Eropa

SangPencerah.com-Usai menyabet juara 1 Kompetisi Robo Cup Open Asia kategori Rescue Primary di Singapura, tim robot SD Muhammadiyah 4 Surabaya siap berlaga di ajang robot internasional di Leipziq, Jerman, 28 Juni-3 Juli 2016.

( Baca : Raih Juara Se-Asia, Robotika SD Muhammadiyah 4 Pucang Siap Melaju ke Eropa)

Sebelum berangkat, rim robot yang terdiri dari enam pelajar, yakni Kaisar Nialfza, Gatra Raihansyah, Firman Fathoni, Haris Aufa Abian Fawaz, Alwansyah Muhammad dan Mahardika Endrawan, meminta doa restu dan dukungan dari Dinas Pendidikan Jatim, Rabu (22/6/2016).

“Target jelas juara 1, maka dari itu kami melakukan evaluasi dan pemetaan kekurangan apa saja yang dialami pada kejuaraan robotik Asia beberapa waktu lalu,” kata Endik Setyawan, guru penanggungjawab ekstrakurikuler Robotika SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Kadindik Jatim, Saiful Rahman, menyatakan bangga atas prestasi yang ditorehkan para pelajar itu.

“Kami bangga karena mereka bisa melaju hingga lomba jenjang tinggi. Tentunya kami akan support,” katanya.

Bentuk support tersebut adalah berupa kerjasama dengan Bank Jatim sebagai sponsor utama dan menghubungi Kedutaan Besar Indonesia di Jerman untuk memfasilitasi dan membantu mereka selama di sana.

“Pokoknya mereka tidak perlu memikirkan hal lain karena semua sudah kami support, mereka hanya harus fokus pada lomba dan terus berlatih,” lanjut Saiful.

Alwansyah Muhammad, salah satu anggota tim, mengaku optimis dengan latihan intensif mereka. “Semoga bisa menang karena kami merasa mampu dan sudah siap,” kata murid kelas 6 itu.

Sebelumnya, tim robotik SD Muhammadiyah 4 mengalahkan 25 tim dari 30/negara se-Asia di ajang Robo Cup Open Asia kategori Rescue Primary di Singapura, dan direkomendasikan untuk mengikuti kejuaraan tingkat dunia. (sp/sry)