MDMC dan KOKAM Muhammadiyah Berhasil Evakuasi Korban Terakhir Longsor Kebumen

MDMC dan KOKAM berhasil mengankat jenazah terakhir korban longsor

SangPencerah.com – Evakuasi jenazah terakhir korban longsor dukuh Pekumbang, Dusun Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kebumen berlangsung dramatis dan menegangkan. Senin, 27 Juni 2016 yang sebenarnya status darurat dan pencarian dihentikan secara resmi oleh Pemerintah Kebumen, namun gabungan relawan Muhammadiyah dari MDMC, Pemuda Muhammadiyah dan KOKAM Kebumen tak patah arang tetap berusaha mencari bersama warga sekitar.

“Sore tadi letak jenazah korban longsor ditemukan. Imam, salah satu relawan Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen berhasil menemukan lokasi korban. Sekitar pukul 16.00 dilaksanakan penggalian yang lumayan dalam, karena jenazah terletak tepat dibawah batu hampir sebesar motor roda tiga”, jelas Eko Setiyo Budi, Komandan Lapangan Tim Relawan.

Proses penggalian terus dilakukan dan puncaknya mengangkat batu besar menggunakan seling katrol yang biasa dipakai untuk flying fox. Pengangkatan batu dengan hati-hati karena dikhawatirkan jenazah rusak.

Akhirnya sekitar pukul 9 malam jenazah bisa diangkat dan diidentifikasi oleh relawan MDMC Muhammadiyah Kebumen. Hasil identifikasi jenazah atas nama Sutinem umur 25 tahun. Relawan kemudian menyerahkan kepada keluarga. Jenazah dimakamkan malam itu juga.

“Evakuasi murni di lakukan oleh relawan MDMC. Alhamdulillah berjalan lancar, kami bukanlah ingin nama atau ketenaran tapi ini adalah panggilan hati dan jiwa yg menggerakkan”, ungkap Mas Eko. (sp/rdk)

5
                                                         Korban Tertimbun Batu Besar
6
                                       MDMC dan KOKAM berhasil berusaha mengangkat batu besar
4
                                    MDMC dan KOKAM berhasil mengangkat jenazah dari timbunan batu
1
                                                               Memasukkan ke kantong jenazah
3
                                                                 Membawa Jenazah ke keluarga