Manfaatkan Ramadhan, Pelajar SMK Mutu Gondanglegi Target Bersihkan 150 Masjid

Pelajar SMK Muh 7 Gondanglegi saat aksi bersih-bersih masjid

SangPencerah.com- Selama Bulan Suci Ramadhan, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi memiliki kegiatan yang cukup keren. Kegiatan ini bertajuk “Ramadhan Super Camp”, rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan keislaman dan kesalehan para pelajar sekolah ini.

Selama sepekan lebih, para siswa siswi sekolah ini mendapatkan berbagai pembekalan agama, shalat fardhu berjamaah, tarawih bersama dilanjut kultum yang dilakukan para pelajar sendiri, hingga berlanjut dengan kegiatan kajian Al Qur’an yang berlangsung hingga Pukul 22.00 WIB. Malam hari para pelajar diajak untuk membiasakan juga salat tahajud untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pukul 3.30 bangun untuk sahur dan dilanjutkan sholat subuh.

Antara Pukul 06.30 hingga 10.00 para pelajar SMK Muhammadiyah 7 Gondang legi memiliki kegiatan unik yang berbeda dengan pesantren pada umumnya.Ya Para pelajar yang disebar dalam beberapa kelompok diajak membersihkan Masjid maupun Musholla yang ada di Kabupaten Malang dan sekitarnya. Bagian-bagian yang dibersihkanpun tidak hanya ruang utama maupun serambi, tetapi juga fasilitas MCK, taman-taman di lingkungan hingga sanitasi. Berbagai fasilitas yang ada seperti pengeras suara, pompa air, sambungan kabel tak luput dari perhatian semua siswa. Para pelajar sekolah Favorit yang memiliki lebih dari 10 program keahlian ini menargetkan 150 masjid akan mereka bersihkan selama Ramadhan.

Masjid dan Musholla yang dipersihkanpun tak pandang bulu, entah itu dikelola golongan X, golongan Y ataupun lainnya, semua masjid dan musholla yang layak mendapat perhatian akan menjadi target siswa. Kepada redaksi SangPencerah.com, Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, H.Fahri, S.Ag menuturkan bila aksi ini merupakan inisiatif sekolah yang bertujuan bagaimana Anak-Anak bisa terpupuk kepedulian dan kesalehan sosialnya, mengaktualisasikan Al Qur’an. Metode sederhana ini menjadi bagian penting dari upaya sekolah yang memiliki 2000 lebih siswa ini untuk membangun kharakter pelajar yang berkompeten dan islami. “Alhamdulillah, anak-anak merasa senang dan masyarakat juga senang, sambutannya luar biasa”, pungkasanya.(sp/jwt)