Kisah Tragis Abdul Jalil Arqam, Dijemput Sehat Pulang Jadi Mayat

SangPencerah.Com – Kejadian memilukan kembali terjadi di negeri ini. Kejadian ini mirip kasus kematian Siyono. Abdul Jalil Arqam tewas akibat dugaan penganianyaan yang dilakukan oknum kepolisian. Jalil adalah putra Arqam Ali, Tokoh Muhammadiyah di Sulawesi Tenggara.

Menjelang maghrib, Senin (6/6), Abdul Jalil baru tiba dari Morowali, Sulawesi Tengah mengantar rekannya yang mengurus proyek. Sekitar pukul 00.00 WITA ada orang berpakaian preman bersenjata laras panjang yang mengaku diri sebagai anggota polisi dari Kepolisian Resort (Polres) Kendari menggedor pintu rumah korban degan keras. Setelah kakak korban (Abu) keluar sudah ada dua polisi di ruang tamu dan korban sedang diikat kedua ibu jarinya dengan tali sepatu, posisi kedua tangan dibelakang punggung.

Korban kemudian dibawah keluar dengan dipegang oleh satu orang, tanpa sedikitpun perlawanan. Korban dalam kondisi tidak memakai baju, tetapi menggunakan celana pendek. Hari esoknya sekitar pukul 11.00, adik korban Zahra dengan isakan tangis, menyampaikan bahwa korban sudah meninggal.

berita sebelumnya : Tewasnya Keluarga Muhammadiyah Sultra di Tahanan, Melukai Keadilan ; Kronologis Lengkap Kematian Putra Kyai Muhammadiyah, Mirip Kasus Siyono

“Kami akan kawal di kepolisian, tugas polisi adalah melakukan penyelidikan bukan menghabisi nyawa orang. Almarhum ini kerja di BNNP (Narkotika Propinsi), saat ini Sultra sedang marak issue kasus Narkoba. Fokus kita ada di prosesur penangkapan yang tidak wajar. Ini kejahatan kemanusian”, terang Laode azizul kadir, selaku Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tenggara.

Perlu diketahui, pada jenazah korban ditemukan banyak luka lebam, luka sayatan, dan di betis kaki kirinya ada luka bekas peluru. Sungguh tindakan yang tidak pantas dilakukan oleh penegak hukum. (sp/rdk)