Jokowi Ajukan Mantan Pimpinan Densus 88 Sebagai Calon Tunggal Kapolri

SangPencerah.com- Ketua DPR RI Ade Komarudin mengungkapkan, Presiden Joko Widodo mengajukan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Tito diajukan untuk menggantikan Badrodin Haiti yang akan segera pensiun.

”Jadi, jam 11. 00 WIB tadi, saya bertemu dengan Mensesneg, beliau menyampaikan surat presiden, bahwa presiden mengajukan satu calon pengganti Badrodin Haiti yang pensiun, mengajukan Komjen Pol Tito Karnavian,” kata Ade, kepada wartawan, saat meninjau stasiun Gambir, di Jakarta Pusat, Rabu (15/6).

Karena itu, kata dia, DPR akan segera memproses surat tersebut, Kamis (16/6) dan akan melakukan rapat konsultasi. Rencananya, DPR akan melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatuhan) Rabu pekan depan.

”Insya Allah besok kita akan rapim, dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito. Akan dibahas di Bamus, setelah itu diproses di Komisi III untuk fit and proper test dan disampaikan ke Paripurna,” ucapnya.

Komjen Pol Tito Karnavian pernah menjabat sebagai Kapolda Papua, Kapolda Metro Jaya. Semasa berkiprah di kepolisian, ia juga  berpengalaman di bidang terorisme. Banyak prestasi yang ia peroleh setelah memimpin tim Densus 88. Saat ini Tito menjabat sebagai Kepala BNPT. (sp/rol)