Inilah Makna Filosofis Gedung Megah ‘Nyai Walidah”, Mahakarya UMS

SangPencerah.com- Gedung  induk  Nyai Walidah merupakan gedung induk Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prasasti dari gedung ini telah ditandatatangani langsung oleh Presiden Jokowi, bersama empat amal usaha Muhammadiyah yang lain saat pembukaan Konvensi Indonesia Berkemajuan di UMY.

Bangunan gedung ini menempati luas lahan sekitar 1,15 hektar. Bersebelahan dengan RS  Islam Surakarta. Gedung ini bertempat di Jalan Ahmad Yani, Kawasan Pabelan, Kartasura. Gedung ini berlokasi strategis di jalur primer yang menghubungkan Jogja-solo. Sehingga ketika anda melewati jalan ini, keindahan bangunan ini dapat anda nikmati. Subhanallah, gedung berlantai 7 ini benar-benar megah.

 Gedung ini akan di fungsikan sebagai kantor terpadu yang berfungsi sebagai biro pelayanan mahasiswa, rektorat, admisi penerimaan mahasiswa baru,  serta urusan internasional. Penyatuan sistem ini bertujuan untu mensinergikan  antar lembaga dan pemusatan pelayanan dalam satu tempat.

Gedung ini sangat unik, banyak makna filosofis yang direpresentasikan Gedung Nyai Walidah. Bangunan gedung terinspirasi dari bentuk logo Muhammadiyah yakni matahari bersinar, matahari  sebagai  pusat tata surya dan sumber energi makhluk hidup.

Gedung Rektorat UMS Gedung Induk Siti Walidah.mp4_snapshot_01.04_[2016.06.07_22.29.55]

Kalimat syahadat diwujudkan dalam bentuk dua bangunan yang dihubungkan bangunan inti. Maknanya adalah  simbol pergerakan yang selalu dilandasi keyakinan atas keEsaan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul.

6

Pancaran sinar matahari kesegala arah diwujudkan dalam landskap gedung sebagai bentuk hubungan sesama manusia, simbol kerja keras dan semangat tanpa lelah sebagai pencerahan dan kemaslahatan umat.

12

Bentuk gedung ini membesar keatas, sebagai simbol pertumbuhan dan perkembangan serta simbol melindungi dan mengayomi umat.

3

Gedung ini didesain dengan prinsip islami dan green desain. Gedung ini berupaya menghemat energi, dengan memanfaatkan matahari untuk pencahayaan alami, serta angin untuk memberikan hawa alami pada sebagian ruangannya. Gedung ini dilengkapi dengan sky garden dan balkon untuk dapat melihat danau, taman dan keindahan pemandangan sekitar. Teknologi modern disematkan dalam gedung ini, sebagai  simbol organisasi Muhammadiyah yang dinamis dan modern. Teknologi lift yang hemat energi, penggunaan LED diseluruh ruangan, penggunaan kaca gedung yang dapat menghalau panas  radiasi, kulit bangunan dan atap yang sangat minim perawatan. Gedung ini merupakan maha karya luar biasa yang diciptakan sendiri oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta. (sp/jwt)