Ciptakan Standar Anti Roboh, SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Juara I Nasional

Standart pintar (kiri) dan Malam penganugrahan (kanan)

SangPencerah.com- Pernah harus parkir di tempat miring sampai akhirnya motor jatuh? Trik dari siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ini bisa jadi solusinya. Siswa SMK Muhammadiyah 04 Sukorejo di Kendal, Jawa Tengah menciptakan standar samping motor yang pintar. Dengan standar ini, motor bisa diparkir bahkan di tempat yang sangat miring sekalipun.

“Idenya kami dapat dari pengalaman saja, motor kalau diparkir suka roboh,” ujar Ahmad Fauzi, SMK Muhammadiyah 04 Sukorejo saat ditemui detikOto di sela-sela Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi siswa SMK di Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta.

a10a7a06-52d6-4534-815a-bca6b76c2faf_16938a0da1e-8289-45d9-9ec9-6546ec184433_169

Standar motor pintar ini ternyata cukup sederhana, hanya mengandalkan bahan-bahan yang didaur ulang seperti per dan pipa sisa komponen rem mobil.

Di bagian paling bawah standar itu ada gigi-gigi yang jumlahnya banyak sehingga bisa mengatur ketinggian standar. Kalau tanah tempat motor berpijak sangat miring, maka tinggal putar dan tekan standar ke bagian atas untuk memperpendek standar, kemudian kunci dengan mekanisme kunci yang sudah disediakan.

Saat dicoba, motor yang menggunakan standar pintar dan parkir di tempat yang miring ini cukup kokoh. Digoyang pun motor tetap stabil tidak roboh. “Kami sudah cukup banyak membuat konsep smart stand switch ini, total sudah ada 5 konsep, ini yang paling bagus, konsep ke 5,” ujarnya.

“Pakai standar ini, motor Honda bisa parkir di mana saja,” ujar Ahmad Fauzi. Ke depan, anak SMK ini mau membuat standar pintar dengan sistem elektrik. Jadi tinggal pijit tombol di setang motor sebelah kiri, standar ini bisa naik turun menyesuaikan dengan kemiringan tanah. Sederhana tapi boleh juga ya?

Berkat inovasi ini, diakhir kompetisi siwa SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo ini berhasil meraih Juara I tingkat nasional. Mengalahkan ribuan pelajar se-Indonesia. Selamat. (sp/dtk)