Wujudkan Kampus Unggul Berkemajuan, Unimus Dirikan Rumah Sakit Gigi & Mulut

Desain Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Unimus

SangPencerah.com-   Universitas Muhammadiyah Semarang  meskipun berusia relatif lebih muda dari kampus-kampus Muhammadiyah lain yang relatif besar, tetapi saat ini perkembangannya tak bisa dipandang sebelah mata. Kampus Unimus ini memiliki keunggulan tersendiri, khususnya untuk bidang kesehatan. Dari 8 Fakultas yang ada di Unimus, 4 diantaranya adalah fakultas dalam rumpun kesehatan, yakni: Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Fakultas Kedokteran Gigi di Unimus merupakan salah satu Fakultas yang termuda. Sejak keluarnya ijin penyelenggaraan pendidikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi ( Dirjen Dikti ) Departemen Pendidikan Nasional nomor 129/E/O/2013 tanggal 18-04-2013,  maka Program Studi Pendidikan Dokter Gigi UNIMUS resmi berdiri.

Dalam release resmi Humas Unimus, PSPDG UNIMUS merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan Dokter Gigi dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang berorientasi student centered learning dengan konsep adult learning dan Islami melalui metode pendekatan PBL (problem based learning) atau belajar berbasis pada permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang ada di Jawa Tengah khususnya kota Atlas Semarang. Ciri dan unggulan PSPDG UNIMUS adalah Kedokteran Gigi dengan paradigma Kedokteran Gigi Keluarga  dan nilai keislamannya yang terintegrasi dalam setiap blok atau Islamic Revealed knowledge (IRK) atau Islam Disiplin Ilmu.

Peletakan Batu Pertama RSGM (Foto: dokumen pribadi)
Peletakan Batu Pertama RSGM (Foto: dokumen pribadi)

Kini untuk mewujudkan Unimus sebagai kampus unggul, islami dan berekemajuan, Fakultas Kedokteran Gigi Unimus mendirikan RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) yang akan menjadi rumah sakit pendidikan civitas akademika Unimus serta akan menjadi alternatif masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Peletakan batu pertama rumah sakit ini sudah dilakukan pada 14 Mei 2016 yang lalu, kepada redaksi SangPencerah.com, Rektor Unimus Prof.Masrukhi memohon do’a restu kepada seluruh masyarakat khususnya warga persyarikatan agar mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam pembangunan rumah sakit ini. Selain membangun RSGM, kini Unimus juga gencar melakukan pembangungan berbagai fasilitas penunjang pendidikan, salah satunya adalah pembangunan pondok pesantren yang akan mencetak ahli-ahli penghafal Al Qur’an. (sp/jwt)